Inovasi Implementasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pondok Pesantren Modern Dalam Peningkatan Akhlak Santri (Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Ma’arif Pondok Pesantren Al-qur’an Bany Salim Kramatwatu Kabupaten Serang)

Tajudin, Tajudin (2021) Inovasi Implementasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pondok Pesantren Modern Dalam Peningkatan Akhlak Santri (Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Ma’arif Pondok Pesantren Al-qur’an Bany Salim Kramatwatu Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (435kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (370kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (607kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (267kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (642kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (244kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (235kB) | Pra Tinjau

Abstrak

TAJUDIN NIM: 172011050 Judul: INOVASI IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL DAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MODERN DALAM PENINGKATAN AKHLAK SANTRI (Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Ma’arif Pondok Pesantren Al-qur’an Bany Salim Kramatwatu Kabupaten Serang) Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui proses pengajaran dan pelatihan. Dalam pengertian yuridis atau perundang- undangan yang berlaku, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dibutuhkan bagi dirinya, masyarakat dan bangsa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yang diteliti sebagai berikut: Bagaimana pelaksananaan Kurikulum Nasional di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim? Bagaimana pelaksananaan Kurikulum Ponpes di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim? Bagaimana pelaksananaan Integrasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pondok Pesantren di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim dalam meningkatkan akhlak santri? Bagaimana faktor penghambat dan pendukung di SMPIT Al-Ma‟arif Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini ditujukkan untuk : Untuk mengetahui pelaksananaan Kurikulum Nasional di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim; Untuk mengetahui pelaksananaan Kurikulum Ponpes di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim; Untuk mengetahui pelaksananaan Integrasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Ponpes di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim dalam meningkatkan akhlak santri; Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung di SMPIT Al-Ma‟arif; Penelitian tesis ini termasuk dalam penelitian lapangan (field reseach), yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dilingkungan tertentu dalam hal ini akan dilakukan di SMPIT Al-Ma‟arif Ponpes Al-qur‟an Bany Salim. Guna mendapatkan data yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas.penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan dapat disimpulkan bahwa penerapan Integrasi Kurikulum Nasional dengan Pondok Pesantren dalam pembelajaran di SMPIT Al-Ma‟arif sudah sesuai dengan teori-teori yang dikemukakan. Kurikulum integrasi merupakan suatu produk dari usaha pengintegrasian bahan pelajaran dari berbagai macam pelajaran. Konsep integrasi merupakan bentuk usaha untuk menjembatani perbedaan antara ilmu umum dan ilmu agama dengan memasukkan pelajaran umum di madrasah dan memasukkan pelajaran agama di sekolah umum.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, Kurikulum Nasional, Kurikulum Pondok Pesantren, SMPIT Al-Ma’arif
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 22 Mar 2021 07:52
Perubahan Terakhir: 22 Mar 2021 07:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6287

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.