Fadilah, Fani (2021) Pengembangan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi ( R&D di Kelas III SDN Benoa Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER FANI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (353kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (177kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (336kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (378kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Fani Fadilah. NIM: 161240085, 2020. Judul Skripsi: Pengembangan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi ( R&D di Kelas III SDN Benoa Kabupaten Serang-Banten). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sebuah media gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Reasearch and Develompment) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu : Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Dissaminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan sampel 33 siswa kelas III SDN Benoa. Validasi media gambar ini berpedoman pada tiga aspek yaitu aspek kualitas dan tujuan, kualitas intruksional dan kualitas teknis. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 5,00, validasi dari ahli materi memperoleh skor 4,96, dan validasi dari guru kelas memperoleh skor 4,95. Skor rata-rata dari keseluruhan validasi adalah 4,97 dari rentang 1-5 dan termasuk kategori “sangat baik”. Dengan begitu produk media gambar sudah layak digunakan. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa siswa dalam menulis karangan eksposisi mengalami peningkatan setelah menggunakan media gambar. Dari hasil uji coba sebelum menggunakan produk media gambar memperoleh skor rata-rata 46.6, setelah menggunakan produk media gambar memperoleh skor 82.7. Sementara hasil respon siswa terhadap produk menunjukan bahwa produk media gambar mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi dengan rata-rata skor 97% dengan kategori ”Sangat Baik”.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Gambar, Menulis, Karangan Eksposisi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 22 Feb 2021 04:29 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2021 06:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6114 |
Actions (login required)
Lihat Item |