Juleha, Siti (2021) Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit di Kelas IV SD Negeri Sindangsono V Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (112kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB 2.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (245kB) |
||
Teks
BAB 3.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (250kB) |
||
Teks
BAB 4.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (815kB) |
||
|
Teks
BAB 5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Siti Juleha, 142400771, “Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit di Kelas IV SD Negeri Sindangsono V Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan prosedur pengembangan media permainan monopoli pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di Kelas IV SD Negeri Sindang Sono 5 dan menghasilkan produk permainan IPA untuk siswa Kelas IV SD pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sindang Sono 5 kecamatan sindang jaya kabupaten tangerang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and development (R&D), yang merujuk model 4-D (Four D models) menurut Thiagarajan dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 3 tahap: define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh dosen validator, kepala sekolah, dan uji coba terbatas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada hasil validasi tiap-tiap aspek yaitu aspek tampilan media memperoleh nilai rata-rata 3,81 dengan kategori layak. Pada hasil aspek petunjuk permainan memperoleh nilai rata-rata 3,9 dengan kategori layak. Aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan kategori sangat layak, dan pada aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 3,34 dengan kategori layak, serta pada aspek hasil validasi aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 3,93 dengan kategori layak. Sedangkan hasil rekapitulasi keseluruhan aspek memperoleh rata-rata skor 3,89 dengan kategori layak atau sangat layak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media, Permainan Monopoli, Pembelajaran IPA di SD |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Feb 2021 05:08 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2021 04:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6071 |
Actions (login required)
Lihat Item |