Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Tema Selamatkan Mahluk Hidup Di Sekitar Kita Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Melalui Penggunaan Metode Cooperative Tipe Jigsaw (PTK VI Ibnu Rusyd MIN 1 Kota Cilegon)

Solihin, Nedi (2021) Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Tema Selamatkan Mahluk Hidup Di Sekitar Kita Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Melalui Penggunaan Metode Cooperative Tipe Jigsaw (PTK VI Ibnu Rusyd MIN 1 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (432kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (356kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (483kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (131kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)

Abstrak

Nedi Solihin, NIM: 152400853, judul skripsi: Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Tema Selamatkan Mahluk Hidup Di Sekitar Kita Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Melalui Penggunaan Metode Cooperative Tipe Jigsaw (PTK VI Ibnu Rusyd MIN 1 Kota Cilegon). Penelitian ini di latar belakangi oleh tingkat minat belajar siswa masih rendah, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum memenuhi standar kelulusan yaitu 75. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode Cooperative tipe jigsaw pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan selamatkan mahluk hidup di sekitar kita dengan sub tema tumbuhan sahabatku. Dengan harapan minat belajar siswa meningkat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu: 1) Bagaimana upaya meningkatan minat belajar siswa pada Tema Selamatkan Mahluk Hidup Di Sekitar Kita Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Melalui Penggunaan Metode Cooperative Tipe Jigsaw di kelas VI Ibnu Rusyd MIN 1 Kota Cilegon? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan metode Cooperative tipe jigsaw pada Tema Selamatkan Mahluk Hidup Di Sekitar Kita Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Melalui Penggunaan Metode Cooperative Tipe Jigsaw pada kelas VI Ibnu Rusyd MIN 1 Kota Cilegon. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklusnya terdiri dari rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemberian model pembelajaran Cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Tema Selamatkan Mahluk Hidup Di Sekitar Kita Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Melalui Penggunaan Metode Cooperative Tipe Jigsaw pada akhirnya hasil belajar siswa pun menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari semakin tingginya minat siswa dalam pelajaran. Keaktifan siswa meningkat, hal ini dapat di lihat pada peningkatan pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, yaitu dengan nilai rata-rata pra siklus 68,91, siklus 1 adalah 71,18 dan siklus 2 adalah 78,88.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Feb 2021 04:35
Perubahan Terakhir: 25 Feb 2021 03:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.