Efektivitas Metode Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Eksperimen di kelas VIII MTs Al-Hidayah Ciomas-Serang)

Mufasilah, Ilah (2020) Efektivitas Metode Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Eksperimen di kelas VIII MTs Al-Hidayah Ciomas-Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (435kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (294kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (335kB)
[img] Teks
BAB 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (342kB)
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (531kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Ilah Mufasilah, NIM: 142101910, Judul Skripsi: Efektivitas Metode Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Eksperimen di kelas VIII MTs Al-Hidayah Ciomas-Serang) Metode pembelajaran yang sering digunakan guru fiqih di MTs Al-Hidayah masih menggunakan metode konvensional. Pembelajarannya menekankan peran guru yang lebih dominan dibandingkan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa cenderung pasif dan jenuh dalam belajar. Masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi pelajaran, dimana siswa mengobrol satu denga yang lainnya. Hal ini mengakibatkan kurang adanya interaksi yang intens antara guru dan siswa sehingga pembelajaran fiqih menjadi kurang aktif, dan hasil belajar siswa rendah. Peneliti menerapkan metode pembelajaran bermain jawaban untuk mengatasi permasalahn yang ada, dengan menerapkan metode ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peran metode bermain jawaban adalah dapat melibatkan semua siswa dari menit-menit awal sampai akhir. Metode ini juga salah satu metode yang menuntut siswanya aktif sehingga siswa dapat lebih berpartisipasi di dalam pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode bermain jawaban terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Al-Hidayah dan mengetahui pengaruh metode bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Al-Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah yang berjumlah 121 siswa. Adapun yang dijadikan sampe adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. kelas VIII A sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebanyak 30 orang sebagai kelas control. Dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh metode bermain jawaban terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran fiqih. Dengan dilakukan uji hipotesis di peroleh nilai Perbandingan to dengan masing-masing hasil df, hasilnya yaitu 1,67<2,39<19,6. Nilai to lebih besar dibandingkan tt. Hal tersebut menunjukkan bahwa efektivitas metode bermain jawaban berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Hidayah Ciomas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas Metode Bermain Jawaban, Hasil Belajar Fiqih
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Des 2020 04:13
Perubahan Terakhir: 01 Des 2020 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.