Faisal, Achmad (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PERSAINGAN HARGA ANTAR PASAR TRADISIONAL DENGAN PASAR MODERN (Studi Kasus di Toko Pipit Bojonegara dan Alfamart Bojonegara Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (390kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB I - V.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Achmad Faisal NIM: 151300858, Judul Skripsi: “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Persaingan Harga Antar Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern” (Studi Kasus di Toko Pipit Bojonegara dan Alfamart Bojonegara). Persaingan harga merupakan suatu cara perusahaan dalam menentukan harga barang atau jasa, dengan demikian penetapan harga sangat diperlukan bagi setiap perusahaan maupun perorangan serta meningkatkan kualitas barang dan memotivasi untuk mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan bisa menetapkan harga jual yang tidak akan merubah persepsi konsumen yang ingin membeli produk ataupun jasanya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik penepatan harga di Toko Pipit Bojonegara dengan Toko Alfamart Bojonegara? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik persaingan harga yang dilakukan di Toko Pipit Bojonegara dengan Alfamart Bojonegara? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui praktik penetapan harga di Toko Pipit Bojonegara dan Alfamart Bojonegara. 2) Untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Persaingan Harga di Toko Pipit Bojonegara dan Alfamart Bojonegara. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (field research) yaitu memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, perilaku, dan tindakan-tindakan lainnya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini dalam praktik persaingan harga yang ada di Bojonegara Kabupaten Serang yang mana konsumen memiliki persepsi buruk terhadap sistem pemasarannya, ditambah dengan banyaknya kompetisi persaingan usaha yang ada di Bojonegara, sebagian besar dari pelaku usaha ini berlomba-lomba dalam mencari keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa mengevaluasi persepsi konsumen yang merupakan mayoritas masyarakatnya kelas menengah ke bawah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan hukum Islam dengan hukum di bidang muamalat |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2020 03:33 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2020 03:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5911 |
Actions (login required)
Lihat Item |