Pengaruh Penggunaan Media Komik Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 35 Solear, Kabupaten Tangerang)

Andriyani, Istiqomah (2020) Pengaruh Penggunaan Media Komik Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 35 Solear, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (327kB)
[img] Teks
3. BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB)
[img] Teks
4. BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB)
[img] Teks
5. BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (384kB)
[img] Teks
6. BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (659kB)
[img] Teks
7. BAB V SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)

Abstrak

Nama: Istiqomah Andriyani. NIM: 161240088. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Komik Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 35 Solear, Kabupaten Tangerang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media komik matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD Muhammadiyah 35 Solear, Kab. Tangerang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Gruup Desain. Populasi atau objek penelitian adalah siswa kelas VI dari seluruh Sekolah Dasar di wilayah kabupaten Tangerang yang terakreditasi B, dalam penelitian ini mengambil sampel. Sampel untuk penelitian ini menggunakan dua kelompok, pada kedua kelompok akan diberikan treatment, pada kelompok eksperimen menggunakan media komik matematika, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran secara konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik matematika pada pembelajaran matematika berdampak positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal ini ditunjukkan bahwa thitung = 3,64 > ttabel pada α = 0,05 yaitu 1,67155.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Komik, Kemampuan Komunikasi Matematis, Statistika
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Nov 2020 02:50
Perubahan Terakhir: 20 Nov 2020 02:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.