Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al-Badar, Tangerang, Banten)

Mulya, Anomi Eka (2020) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al-Badar, Tangerang, Banten). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1 cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan Anomi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (726kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I Baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II Baru.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (728kB)
[img] Teks
BAB III Baru.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (410kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (936kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Anomi Eka Mulya, Nim : 172042038. Judul tesis “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Badar, Tangerang, Banten” Peogram Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten tahun 2019 Penelitian dilatarbelangi oleh belum maksimalnya kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya, kurang maksimalnya kinerja guru yang ditandai dengan kurangnya persiapan dalam mengajar seperti mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sehingga proses belajar kurang menarik, mata pelajaran tidak sesesuai kompetensi latar belakang guru, ketidak disiplinan sehingga sangat mempengaruhi produktifitas dalam mengajar, kurang maksimalnya hasil belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun rumusan masalah penelitian ini, diantaranya: (1) Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Badar Tangerang Banten? (2) Bagaimana pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Badar Tangerang Banten? (3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersamaan terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Badar Tangerang Banten? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Badar Tangerang Banten, 2) Pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Badar Tangerang Banten, 3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan Kinerja guru secara bersamaan terhadap hasil belajar siswa di SMP Al-Badar Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari keseluruhan siswa kelas IX yang berjumlah 257, maka jumlah sampel yang diambil berjumlah 51 orang dengan menggunakan teknik sampel random. Intrumen pengumpul data berupa kuesioner. Uji validitas instrument yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment. Reabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prsyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi sederhana, uji regresi ganda dan uji signifikasi regresi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 27%, 2) Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 22,50%, 3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 59,50%

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kepemimpinan kepala sekolah, Kinerja guru, Hasil belajar siswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
100 Filsafat & Psikologi > 107 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2020 04:41
Perubahan Terakhir: 12 Nov 2020 05:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.