Rahayu, Rahayu (2020) Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tashrif pada Masa Kanak-Kanak Akhir (Studi di Kp. Alang-Alang Ds. Alang-Alang Kec. Tirtayasa Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (541kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I Ayu.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (369kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II Ayu.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (299kB) |
||
Teks
BAB III ayu.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (299kB) |
||
Teks
BAB IV ayu.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (206kB) |
||
|
Teks
BAB V AYu.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (580kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Anak adalah amanah besar dari Allah Swt. Untuk diberikan bimbingan, arahan, dan didikan oleh para orang tuanya. Orang tua yang tidak mampu memberikan bimbingan, arahan, dan didikan pada anaknya maka orang tua tersebut telah melalaikan amanah dari Allah Swt. Untuk mampu berpikir secara kritis, anak harus mengambil peran aktif dalam proses belajar, ini berarti bahwa anak perlu mengembangkan berbagai proses berpikir aktif. Rumusan masalah ini adalah: 1) Faktor apa saja yang menghambat anak untuk belajar tashrif pada masa kanak-kanak akhir? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar tashrif pada masa kanak-kanak akhir? 3) Bagaimana hasil penerapan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar tashrif pada masa kanak-kanak akhir?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat anak belajar tashrif pada masa kanak-kanak akhir. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar tashrif pada masa kanak-kanak akhir. 3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar ilmu tashrif pada masa kanak-kanak akhir. Penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam catatan deskriptif ini peneliti berusaha untuk mendeskripsikan secara detail tentang situasi yang diamatinya sejelas mungkin dan menguraikan subjek dan objek penelitian berdasakan fakta dan data yang ada. Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang anak berusia 6-12 tahun yaitu RA, WD, AT dan AH yang bersekolah di SD Negri Alang-Alang. Adapun faktor penghambat anak dalam belajar ilmu tashrif diantaranya sering ijin keluar kelas, malas dan lain sebagainya. Kesimpulan dari proses layanan bimbingan kelompok adalah anak di Kampung Alang-Alang menyadari bahwa dirinya menjadi lebih semangat dan rajin untuk belajar ilmu tashrif. Dan menyadari bahwa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok anak tidak termotivasi untuk mempelajari ilmu tashrif, setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok sebanyak 4 kali pertemuan, mereka mulai termotivasi untuk mempelajari ilmu tashrif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan Kelompok, Terapi Behavior, Anak, Tashrif. |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2020 08:08 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 07:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5785 |
Actions (login required)
Lihat Item |