Penerapan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa (Studi di KAHFI BBC Motivator School, Bintaro-Tangerang Selatan)

Rowaidah, Nisa (2020) Penerapan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa (Studi di KAHFI BBC Motivator School, Bintaro-Tangerang Selatan). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (425kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (535kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (321kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (303kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (442kB)

Abstrak

Nama: Nisa Rowaidah, NIM: 161340078, Judul Skripsi: Penerapan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa. (Studi di KAHFI BBC Motivator School, Bintaro-Tangerang Selatan), Tahun 2020. Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Banyak sekali orang yang cerdas, pandai berbicara, dan mudah sekali menjelaskan ide-idenya jika berhadapan dengan orang per orang, tetapi lidahnya kelu dan kaku ketika berhadapan dengan sekelompok kecil orang, apalagi berhadapan dengan banyak orang. Mahasiswa terhambat presentasi karena mereka takut berbicara, takut menyampaikan ide dan gagasan disebuah rapat organisasi. Mereka mempunyai ide-ide penting, tapi lebih memilih menyimpan ide mereka daripada menyampaikannya di sebuah forum. Keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking masih belum sepenuhnya dimiliki oleh para siswa. Keengganan tampil di depan publik ini akibat rendahnya rasa kepercayaan diri, dan minimnya penguasaan teknik berbicara di depan umum. Ketidakmampuan ini menyebabkan komunikasi yang seharusnya efektif, menjadi degradasi. Bahkan seringkali terjadi kesalahpahaman komunikasi di depan publik. Dari uraian diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana persepsi siswa tentang public speaking? 2). Bagaimana penerapan layanan konseling individual dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa? 3). Bagaimana hasil kegiatan konseling individual dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa? Tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk menganalisa bagaimana persepsi siswa KAHFI BBC Motivator School tentang public speaking. 2). Untuk mengetahui bagaimana penerapan konseling individual dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa KAHFI BBC Motivator School. 3). Untuk mengetahui hasil kegiatan pendekatan konseling individual dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa KAHFI BBC Motivator School. Penelitian ini dilaksanakan di KAHFI BBC Motivator School Bintaro Tangerang Selatan. Dengan subjek penelitian 6 siswa iii KAHFI BBC Motivator School. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dan penelitian tindakan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain melakukan penelitian, peneliti juga melakukan treatment konseling melalui konseling individual dengan pendekatan terapi REBT dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa. Penelitian ini memperlihatkan bahwa kondisi siswa yang tidak mengikuti dan tidak lulus ujian public speaking program KAHFI BBC Motivator School memiliki beberapa kendala. Diantaranya takut, nervous, blank, malu, merasa khawatir dan kurang percaya diri. Adapun treatment yang dilakukan dalam Konseling Individual dengan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) adalah teknik kognitif, teknik emotif, teknik imageri dan proses perubahan terapeutik. Hasil dari penerapan Konseling Individual dengan menggunakan teknik REBT terhadap siswa yang memiliki kendala dalam public speaking perlahan mulai menunjukkan hasil yang baik dan signifikan dimana siswa siap mengikuti ujian dan lulus ujian public speaking program KAHFI BBC Motivator School

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2020 07:33
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2020 07:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5782

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.