Pengaruh Kepemimpinan dan Implementasi Konsep Total Quality Management Terhadap Mutu Layanan Pendidikan” (Studi di SDIT dan SMPIT Al Izzah Kota Serang)

Wahyuni, Ayu (2020) Pengaruh Kepemimpinan dan Implementasi Konsep Total Quality Management Terhadap Mutu Layanan Pendidikan” (Studi di SDIT dan SMPIT Al Izzah Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (336kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (789kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (566kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (724kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ayu Wahyuni. 182410079. “Pengaruh Kepemimpinan dan Implementasi Konsep Total Quality Management Terhadap Mutu Layanan Pendidikan” (Studi di SDIT dan SMPIT Al Izzah Kota Serang). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Tahun 2020. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran penting untuk meningkatkan keunggulan kompetitif sekolah melalui layanan pendidikan ز Dengan meningkatkan mutu layanan pendidikan maka kebutuhan akan pengelolaan manajemen yang fokus terhadap mutu mutlak menjadi suatu keharusan dan Total Quality Management (TQM) adalah jawaban atas kebutuhan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana pengaruh kepemimpinan terhadap mutu layanan pendidikan. (2) bagaimana pengaruh implementasi konsep TQM terhadap mutu layanan pendidikan. (3) bagaimana pengaruh kepemimpinan dan implementasi konsep TQM secara bersama-sama terhadap mutu layanan pendidikan. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap mutu layanan pendidikan. (2) untuk mengetahui pengaruh implementasi konsepTQM terhadap mutu layanan pendidikan. (3) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan implementasi konsep TQM secara bersama-sama terhadap mutu layanan pendidikan dengan obyek penelitian di SDIT dan SMPIT Al Izzah Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory dan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu Guru dengan jumlah keseluruhan 125 orang, peserta didik dengan jumlah keseluruhan 252 orang yang terdiri dari kelas 6 dan 9 Teknik sampling yang diambil dengan kuota sampling 40% guru sebanyak 50 orang dan 20% peserta didik sebanyak 50 orang. Hasil Penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan di sekolah yang diteliti menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase penilaian 85,09%. (2) Implementasi konsep TQM menunjukkan kategori yang sangat baik dengan persentase penilaian 87,45% (3) mutu layanan pendidikan menunjukkan kategori baik dengan persentase penilaian 83,66%. Kesimpulan penelitian dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Pengaruh kepemimpinan terhadap mutu layanan pendidikan berpengaruh positif dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,343 dan kontribusi pengaruh sebesar 11,8%. (2) Pengaruh implementasi konsep TQM terhadap mutu layanan pendidikan berpengaruh positif dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,436, dan kontribusi pengaruh sebesar 19%. (3) Pengaruh postitif antara kepemimpinan dan implementasi konsep TQM secara bersama-sama terhadap mutu layanan pendidikan, dengan koefisien korelasi ganda Ry(1,2) sebesar 0,543 dan kontribusi pengaruh sebesar 29,5%. Adapun saran yang dapat direkomendasikan yaitu kepala sekolah bersama tim manajemen dan seluruh unsur pegawai harus berkomitmen untuk menjalankan TQM dengan konsisten dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan di sekolah agar semakin lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci: Kepemimpinan, TQM, Mutu Layanan Pendidikan.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2020 08:43
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2020 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.