Konitah, Konitah (2017) Layanan Bimbingan Kelompok dalam Praktikum Ibadah Shalat (Studi Kasus Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Komplek Taman Ciruas Permai). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER bimbingan kelompok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (132kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (384kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (250kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (210kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Anak adalah sosok unik yang tidak sama dengan orang dewasa. Dunia anak lekat dengan dunia bermain. Sifat anak senang meniru hal-hal yang dilihat dan didengarnya dari lingkungan. Pada dasarnya anak merupakan makhluk yang kreatif, tumbuh dengan fisik dan psikis, serta memiliki fase-fase perkembangan anak yang dilaluinya. Salah satu fase perkembangan pada anak dikenal dengan sebutan puber atau baligh, dan di masa ini anak diwajibkan menjalankan perintah agama seperti shalat. Oleh karenanya, pembelajaran agama sejak dini adalah hal yang wajib diajarkan dalam keluarga maupun sekolah. Pembelajaran agama sejak dini mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan anak di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, pengetahuan orang-orang di lingkungan tempat tinggal terutama keluarga maupun sekolah sangat membantu Dalam Praktikum Ibadah Shalat. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi keagamaan pada anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al- Hidayah?, 2) Bagaimana aplikasi layanan bimbingan kelompok dalam kegiatan praktikum shalat?, 3) Apa saja hambatan pada saat melaksanakan bimbingan kelompok dalam kegiatan praktikum shalat?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui kondisi keagamaan anak Madrasah Diniyah Takmiliyah Al- Hidayah, 2) Untuk mengetahui aplikasi layanan bimbingan kelompok behavioral dalam kegiatan praktikum shalat, 3) Untuk mengetahui apa saja hambatan pada saat melaksanakan bimbingan kelompok dalam kegiatan praktikum shalat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan format desain deskriptif, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Anak-anak yang ada di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDTA) Al- Hidayah belum memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam melaksanakan shalat lima waktu dengan berbagai macam alasan, serta minimnya pengetahuan mereka tentang bacaan shalat. 2) Metode bimbingan kelompok dengan pendekatan terapi behavioral yang dilakukan oleh peneliti dapat memberikan pengaruh pada perkembangan keagamaan anak. Hal ini terlihat dari hasil perubahan dan kesadaran anak dalam melaksanakan shalat. 3) Setiap kegiatan memiliki hambatan. Dengan mengetahui hambatan tersebut, peneliti mampu memberbaiki maupun merubah metode yang digunakan agar mampu mengembangkan keagamaan pada anak khusunya shalat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Mei 2017 06:58 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 04:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/572 |
Actions (login required)
Lihat Item |