Ardiansyah, Aldi (2020) Peran dan Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (633kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (423kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (866kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (911kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (244kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Aldi Ardiansyah, NIM 172042037,”Peran dan Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionlisme Guru Pada Lemabag Pendidikan Islam (Studi Kasus di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang)” Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana. UIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten 2020 Maju mundurnya pada suatu lembaga pendidikan Islam, tergantung kepada Peran Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolahnya, kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu peningkatan mutu profesionalisme guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah. Tanpa adanya manajer atau pemimpin pada suatu lemabaga pendidikan, proses pendidikan akan mengalami kesulitan yang sangat serius, dan bahkan bisa mengalami kegagalan dalam pendidikan. Suatu kejadian yang harus dihindari oleh semua pihak yang terlibat dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisa (1). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peran dan Kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidnghiyang Ciomas Kabupaten Serang, (2). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Langkah-langkah Peran dan Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang, (3). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa faktor dan penghambat Peran dan Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif-deskriptif. Pemilihan metode ini akan mempermudah dalam memahami paparan data yang telah dijelaskan karena tersusun secara akurat dan sistematis. Pengumpulan data ini menggunakan: Observasi, Wawancara/Interview, dan Dokumntasi. Hasil atau temuan yang dapat dipaparkan dalam penelitian ini beberapa peran dan kinerja kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan untuk mencapai target yang telah ditetapkan bersama oleh semua komponen sekolah. (1) Peran dan kinerja kepemimpinan kepala sekolah MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang ini tentunya memberdayakan kompetensi yang dimiliki oleh guru, kelompok kerja guru, dan mengikuti pelatihan, worksop dan penataran, juga mengikuti organisasi musyawarah guru mata pelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para guru dan tentunya mengacu kepada paparan teori tentang guru professional. (2) langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepala sekolah MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang mengarah kepada langkah dalam memipinnya yaitu dengan menggunakan gaya pemimpin demokratis, dengan memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi juga melakukan pengawasan, musyawarah dengan guru pada mata pelajaran dan melakukan evaluasi serta koordinasi kepada para guru dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis-administratis. (3) faktor penghambat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang, sarana dan prasarana masih sangat kurang memadai, pengajar yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan latar belakang pendidikannya juga iklim sekolah yang tidak baik kegiatan yang direncanakan dan program yang di konsep tdiak berjalan dengan baik hal ini sangat menjadi penghambat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci: Peran, Kinerja, Kepemimpinan dan Profesionalisme Guru |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 26 Okt 2020 07:04 |
Perubahan Terakhir: | 26 Okt 2020 07:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5706 |
Actions (login required)
Lihat Item |