Anwar, Faisal (2017) Penanganan Stres pada Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional dengan Teknik Client Centered (Studi Kasus di SMAN 4 Kota Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
DAFTAR PUSTAKA & caver.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (263kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DRAFT WAWANCARA)
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (819kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
Tehnik Client Centered proposal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (510kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Dalam penelitian ini peneliti fokus kepada penanganan stres siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, stres yang dialami siswa berdampak pada fisik dan psikis. Adapun gejala fisik yang diderita siswa saat menjelang Ujian Nasional seperti, detak jantung meningkat, tubuh menjadi lemas, pusing serta mual dan susah tidur. Adapun gejala psikis yang diderita siswa saat menjelang ujian nasional seperti, merasa cemas, kurang fokus dalam belajar, percaya diri menurun, susah berkonsentrasi, mudah marah, sulit untuk rileks. Peneliti menggunakan metode Client Centered sebagai terapi untuk mengurangi tekanan stres pada siswa saat menjelang Ujian Nasional. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 6 siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Faktor yang mempengaruhi stres ketika menghadapai Ujian Nasional? 2) Bagaimana gambaran stres siswa ketika menghadapi Ujian Nasional? 3) Bagaimana penerapan teknik Client Centered dalam menangani stres siswa dalam menghadapi Ujian? Penelitian ini bertujun untuk 1) mengetahui bagaimana penanganan stres pada siswa ketika menghadapi Ujian Nasional dengan pendekatan Client Centered. 2) Memberikan pemahaman yang mendalam dan seluas mungkin terhadap guru BK tentang penanganan stres pada siswa saat menghadapi Ujian Nasional. 3) Mengetahui bagaimana teknik Client Centered diterapkan dalam penanganan stres. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi sebagai alat untuk pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penanganan stres pada siswa dalam menghadapi Ujian Nasional dengan teknik Client Centered cukup berhasil. Adapun indikator dari keberhasilannya adalah sebagai berikut: siswa sudah mulai berfikir positif tentang kemampuan dirinya saat menghadapi Ujian Nasional, siswa sudah mampu menemukan cara terbaik dari penyelesaian masalahnya sendiri, gejala fisik maupun psikis yang dialami siswa akibat stres menjelang Ujian Nasional sudah berkurang seperti rasa pusing, susah tidur, dan marahnya bisa terkontrol.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Mei 2017 06:57 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 03:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/558 |
Actions (login required)
Lihat Item |