Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Pandeglang

Aslamiyah, Nuryunita (2020) Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB)
[img] Teks
2bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (629kB)
[img] Teks
BAB I JADI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (41kB)
[img] Teks
BAB II jadi.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks
BAB III jadi.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks
BAB IV jadi.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (356kB)
[img] Teks
BAB V JADI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA JADI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB)

Abstrak

Nuryunita Aslamiyah. 161210052. 2020. Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Pandeglang Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen evaluasi bentuk tes uraian berbasis Higher Order Thinking Skills pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen evaluasi menggunakan pedoman observasi dan angket. Validitas produk dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli evaluasi, ahli materi dan ahli bahasa.Uji coba dilakukan oleh 22 siswa kelas VIII E MTs N 1 Pandeglang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mendapati pengembangan instrumen evaluasi tahap define meliputi: analisis, tujuan kompetensi dasar, dan materi; Tahap design meliputi: penyusuanan kisi-kisi , pembuatan butir soal, dan kartu soal; Tahap develop meliputi validasi ahli evaluasi, materi dan bahasa; Tahap revisi meliputi produk mengacu kepada hasil validasi ahli; Tahap disseminate yaitu melakukan ujicoba terhadap siswa. Berdasarkan Hasil uji produk diketahui rerata kelayakan ahli evaluasi, ahli materi dan ahli bahasa 3.68 persentase mencapai 92% termasuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian siswa diperoleh skor persentase rata-rata skor 3,5, persentase 87.6% klasifikasi sangat layak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau bahan pertimbangan sebagai bentuk instrumen evaluasi yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: evaluasi; pengembangan instrument; higher order thinking skill
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Aug 2020 07:18
Perubahan Terakhir: 13 Aug 2020 07:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5441

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.