Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Labuan 3 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang)

Munawaroh, Munawaroh (2020) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Labuan 3 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
-Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (35kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (262kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (306kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (407kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (446kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Puataka Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Munawaroh, NIM: 132400611, Judul Skripsi: “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Labuan 3 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang)”. Latar belakang dari skripsi ini adalah rendahnya kualitas dan hasil belajar IPA di SD karena proses pembelajaran yang terjadi selama ini kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik, pelaksanaan proses pembelajaran saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum dan lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman ataupun pada penguasaan konsep. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode Probem Based Learning terhadap penguasaan konsep dan keterampilan sains siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Labuan 3 kecamatan labuan semester II, kelas yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sempel acak, data penelitian diperoleh melalui instrumen tes pilihan ganda berupa test kemampuan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan keterampilan proses siswa dinilai dari proses pembelajaran dari awal sampai akhir kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan sains siswa SDN Labuan 3 kelas V yang menggunakan metode Probem Based Learning mempunyai pengaruh dan lebih baik dari yang tanpa menggunakan metode Probem Based Learning. Dengan hasil rata-rata kelas eksperimen Pretest 62,15, Posttest 74,82 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata Pretest 58,66, Posttest 67,70.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: metode Probem Based Learning, penguasaan konsep dan keterampilan proses sains.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Aug 2020 02:22
Perubahan Terakhir: 13 Aug 2020 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5432

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.