Implementasi Metode Tilawati Dan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa (Studi Perbandingan di SD Islam Al-Azhar dan SDIT Nur El-Qolam Kota Serang)

Nurhayah, Nurhayah (2020) Implementasi Metode Tilawati Dan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa (Studi Perbandingan di SD Islam Al-Azhar dan SDIT Nur El-Qolam Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (586kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (837kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (254kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (567kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (130kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA DLL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nurhayah, NIM. 1640100384. Judul Tesis : Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro‟ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa (Studi Perbandingan di SD Islam Al-Azhar dan SDIT Nur El-Qoalam Kota Serang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kondisi yang ditemukan seperti perbedaan latar belakang keluarga siswa, masih rendahnya penerapan kaidah / tata cara membaca al-Qur‟an oleh siswa, siswa tidak disiplin saat proses pembelajaran membaca al-Qur‟an di kelas, masih ada siswa yang kurang fokus saat pembiasaan berlangsung, alokasi waktu yang digunakan belum mencukupi, kurangnya ketertarikan dalam belajar membaca al-Qur‟an karena merasa sulit, bosan, dan pemilihan metode yang kurang tepat. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar, dan implementasi metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam, 2) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di SD Islam Al-Azhar dan SDIT Nur El-Qolam, 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar dan metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa, 4) Perbedaan implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar dan metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) ingin menngetahui implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar dan metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam, 2) ingin mengetahui kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di SD Islam Al-Azhar dan di SDIT Nur El-Qolam, 3) ingin mengetahui faktor – faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar dan metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa, 4) Perbedaan implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar dan metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan meneliti metode membaca al-Qur‟an yang digunakan oleh lembaga pendidikan formal dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analitik. Yaitu berusaha menggambarkan dan menganalisis peristiwa atau perilaku sekelompok orang yang diamati dalam bentuk kata dan kalimat tertulis yang dipahami. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam Al-Azhar berjumlah 15 orang dalam satu kelompok tilawati, dan siswa SDIT Nur El-Qolam berjumlah 27 orang dalam satu kelompok/kelas iqro‟. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat dijelaskan bahwa: 1)Implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar dilakukan melalui program pembiasaan tilawati di pagi hari, selama tiga hari dalam satu minggu (selasa, rabu, dan kamis) dengan durasi 30 menit, dan ATQ (Al-Azhar Tilawatil Qur‟an) satu pertemuan dalam satu minggu. Sedangkan Implementasi metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam dilaksankan melalui program tasmi‟ selama 3 hari dengan durasi 30 menit, dan pembelajaran iqro‟ di kelas sebanyak dua pertemuan dengan durasi 90 menit. 2) kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di SD Islam Al-Azhar dan di SDIT Nur El-Qolam terbagi dalam tiga kategori, sangat baik, baik, dan cukup. 3) Faktor pendukung implementasi metode tilawati di SD Islam Al-Azhar adanya kebijakan sekolah, jadwal tilawati, pembinaan dan pelatihan guru tilawati, minat siswa dan sarana prasaran. Sedangkan hambatannya siswa kurang fokus saat tilawati, kurangnya alokasi waktu, dan kurangnya kesadaran orang tua. Adapun faktor pendukung implementasi metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam adalah adanya program sekolah, adanya musyrif, adanya program talaqi metode iqro‟ bagi guru, dan kesesuaian penggunaan buku iqro‟ (di rumah dan di sekolah), dan peran aktif guru. Sedangkan hambatannya kurang kedisiplinan siswa saat di kelas, kesibukan orang tua dan dampak teknologi. 4) Perbedaan implementasi metode tilawati yang terdapat di SD Islam Al-Azhar terletak pada pengaturan tempat duduk siswa, bimbingan pada setiap tahapan, penggunaan lagu rost, sistem kasikal dan baca simak (kebenaran dalam membaca), dan kemampuan siswa diukur dari kemampuan kelompok. Sedangkan metode iqro‟ di SDIT Nur El-Qolam menekankan pada makhraj dan tajwid, kelancaran, kefasihan, mandiri dalam kegiatan belajar membaca (CBSA), dan untuk kemampuan siswa melihat kemampuan individu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci : Al-Qur‟an, implementasi, metode tilawati, dan metode iqro‟.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2020 09:11
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2020 09:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.