Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Kitab Tahdzib Al-Akhlak wa-Tathir Al-A’raq)

Ahmadi, Husenudin (2020) Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Kitab Tahdzib Al-Akhlak wa-Tathir Al-A’raq). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1 COVER TRUE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB)
[img] Teks
6 NEW ABSTRAK B.INDO TRUE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (121kB)
[img] Teks
14 NEW BAB 1 TRUE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (482kB)
[img] Teks
15 NEW BAB II TRUE.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
16 NEW BAB III TRUE.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (260kB)
[img] Teks
17 NEW BAB IV TRUE.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (909kB)
[img] Teks
18 NEW BAB V TRUE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (187kB)
[img] Teks
19 NEW BIBLIOGRAFI TRUE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB)

Abstrak

Nama: Husenudin Ahmadi, NIM: 182101143, Judul Tesis “Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Kitab Tahdzib Al-Akhlak wa-Tathir Al-A’raq)”. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) “Bagaimanakah pemikiran pendidikan akhlak menurut Al-Ghazaly, (2) Bagaimanakah pemikiran pendidikan akhlak menurut Ibnu Maskawaih (3) Bagaimanakah perbandingan pemikiran Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pemikiran pendidikan akhlak menurut Al-Ghazaly (2) untuk mengetahui pemikiran pendidikan akhlak menurut Ibnu Maskawaih (3) Untuk mengetahui perbandingan pemikiran Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan analisis konten, yakni menganalisa kitab Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih. Adapun data primernya adalah kitab Iḥyā ‘Ulūmuddin karya al-Ghazali dan Kitab Tahdibul Akhlaq wa Tathirul A’rāq karya Ibnu Maskawaih. Data sekundernya adalah jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Analisis data penelitian ini meliputi tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini diantaranya, keduanya sepakat tentang: (1) makna, hakikat, tujuan dan manfaat pendidikan akhlak, (2) dua klasifikasi akhlak, yaitu akhlak baik dan buruk, (3) metode pendidikan akhlak menurut Al-Ghazaly adalah al-mujahadah dan arriyadlah, sedangkan menurut Ibnu Maskawaih adalah takrir al-mawai‟dz, atta‟dib, al-„ilaj dan arriyadlah, (4) ruang lingkup materi pendidikan akhlak adalah akhlak baik dan buruk, (5) akhlak utama ada empat, yaitu Al-hikmah, al-„iffah, asy-syaja‟ah dan al-„adlu atau al-„adalah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Studi Komparatif, Pemikiran Pendidikan Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih.
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Ahlak
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2020 08:24
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2020 08:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.