PENGARUH BUDAYA INFAK DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP KEPEDULIAAN SOSIAL (Studi di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi-ien Sobang Pandeglang, Banten)

Alfiah, Alfiah (2020) PENGARUH BUDAYA INFAK DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP KEPEDULIAAN SOSIAL (Studi di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi-ien Sobang Pandeglang, Banten). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
0. COVER Thesis.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. ABSTRAK ind.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
15. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (316kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
16. BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (473kB)
[img] Teks
17. BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (180kB)
[img] Teks
18. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (547kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
19. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
20. Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Alfiah, NIM: 172011042, Judul Tesis: Pengaruh Budaya Infak Dan Kepribadian Siswa Terhadap Kepedulian Sosial. (Studi di MA Hidayatul Mubtadi-ien Sobang, Pandeglang, Banten). Kepedulian sosial merupakan perilaku yang ada pada diri individu untuk membantu orang lain. Perilaku ini merupakan jantungnya etika sesuai amanah pendidikan yang tertuang dalam Pasal 3 UU Sisdiknas. untuk membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu adanya pembudayaan infak dan harus tahu juga kepribadian siswa, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini memiliki beberapa masalah yang dikaji dan diteliti: Apakah terdapat perbedaan kepedulian sosial antara siswa yang budaya infaknya terprogram dengan siswa yang budaya infaknya tidak terprogram?, Apakah terdapat perbedaan kepedulian sosial antara siswa yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrovert?, Bagaimanakah interaksi antara budaya infak dengan kepribadian siswa terhadap kepeduliaan sosial?,Bagaimanakah perbedaan kepedulian sosial antara siswa yang budaya infaknya terprogram dengan yang tidak terprogram, pada siswa yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrovert?, Penelitian ini dilakukan di MA. Hidayatul Mubtadi-ien Sobang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MA. Hidayatul Mubtadi-ien Sobang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan anava two way dan dilanjutkan dengan uji tukey. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dua arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey, (1) nilai antar kolom Fh= 5,80 > Ft = 4,11, jadi H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan antara siswa yang budaya infaknya terprogram dengan siswa yang budaya infaknya tidak terprogram, (2) nilai antar baris Fh= 4,70 > Ft = 4,11, jadi H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki kepribadian introvert dengan siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert, (3) nilai interaksi Fh= 46,60 > Ft = 4,11, jadi H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat interaksi antara budaya infak dan kepribadian siswa, (4) Uji Tukey 1,2: Qh1,2 = 9,235 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan kepedulian sosial siswa antara siswa yang budaya infaknya terprogram dengan siswa yang budaya infaknya tidak terprogram, pada siswa yang mempunyai kepribadian introvert. (5) Uji Tukey 3,4: Qh3,4 = 4,417 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan kepedulian sosial siswa antara siswa yang budaya infaknya terprogram dengan tidak terprogram, pada siswa yang mempunyai kepribadian ekstrovert, (6) Uji Tukey 1,3: Qh1,3 = 4.658 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan kepedulian sosial siswa antara siswa yang memiliki kepribadian introvert dengan ekstrovert pada siswa yang budaya infaknya terprogram. (7) Uji Tukey 2,4: Qh2,4 = 8.994 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan kepedulian sosial siswa antara siswa yang memiliki kepribadian introvert dengan siswa yang memiliki keribadian ekstrovert pada siswa yang budaya infaknya tidak terprogram.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci: Kepedulian sosial, budaya infak, dan kepribadian siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2020 08:19
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2020 08:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.