PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBTOON BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X TKJ SMKN 1 KOTA SERANG

Ainah, Siti (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBTOON BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X TKJ SMKN 1 KOTA SERANG. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBTOON BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERAS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (68kB)

Abstrak

Siti Ainah, 161210073. 2020. Pengembangan Media pembelajaran Webtoon Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa Pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam Kelas X TKJ SMKN 1 Kota Serang Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya minat literasi kelas X TKJ, salah satu faktornya yaitu akibat kecanduan bermain gadget, sehingga pada jam istirahat, siswa lebih senang bermain gadget dari pada mengunjungi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan webtoon berbasis mobile learning dalam meningkatkan minat literasi siswa (2) Mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara media pembelajaran webtoon berbasis mobile learning dengan minat literasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Reasearch and Development ( R&D) dengan model pengembangan Borg and gall yang telah diadaptasi. Tahapan-tahpaannya adalah sebagai berikut : tahap analisis masalah, tahap pengembangan produk, uji lapangan awal, revisi hasil uji lapangan awal, uji lapangan utama, revisi hasil uji coba lapangan utama, revisi akhir, desiminasi . Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan guru PAI. Uji coba dilakukan kepada 32 siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Kota Serang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media webtoon berbasis mobile learning mendapatkan penilaian yang baik dari 3 ahli, dengan rerata skor kelayakan 4,34 dalam skala 5, termasuk kedalam kategori sangat layak. Dalam uji bivariate correlation media webtoon berbasis mobile learning dengan minat literasi siswa memiliki hubungan yang postif dan signifikan dengan kadar korelasi 0,936 yang termasuk kedalam kategori sangat kuat. Dari hasil penelitian yang dilakukan, webtoon berbasis mobile learning dapat dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Sedangkan korelasi antara webtoon berbasis mobile learning dengan minat membaca yaitu positif dengan kadar korelasi lemah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci : Webtoon berbasis Mobile Learning, minat literasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2020 04:42
Perubahan Terakhir: 25 Jun 2020 04:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.