Fitriah, Diana (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BUKU TEKS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SMP Negeri 2 Cimanuk Kabupaten Pandeglang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Cover Diana ok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (49kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (887kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (178kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (774kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (466kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (172kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka Diana.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Diana Fitriah, NIM. 1540100326, Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Buku Teks dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMP Negeri 2 Cimanuk Kabupaten Pandeglang). TESIS. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten, 2018) Latar belakang penelitian ini berdasarkan perlunya peningkatan kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara seimbang. Diantara pengembangan kemampuan siswa yaitu pengembangan kemampuan membaca, baik dalam kelancaran membaca ataupun kemampuan memahami dan menganalisis isi bacaan, tidaklah terlihat baik. Rendahnya aktifitas siswa dalam mengemukakan pendapat juga terlihat, terutama ketika pembelajaran berlangsung dalam sebuah diskusi. Demikian juga dengan kemampuan siswa dalam menanggapi dan menyelesaikan sebuah masalah pun terlihat rendah, hal ini diperkirakan akibat mereka kurang kritis dalam berpikir, sehingga mereka cenderung menerima pendapat yang kurang tepat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) seberapa besar tingkat kemampuan membaca pemahaman buku teks, 2) seberapa besar tingkat keterampilan berpikir kritis, 3) seberapa besar tingkat hasil belajar pendidikan agama Islam, 4) bagaimana hubungan kemampuan membaca pemahaman buku teks dengan hasil belajar pendidikan Agama Islam, 5) bagaimana hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pendidikan agama Islam, 6) bagaimana hubungan kemampuan membaca pemahaman buku teks dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat kemampuan membaca pemahaman buku teks, 2) tingkat keterampilan berpikir kritis, 3) tingkat hasil belajar pendidikan agama Islam, 4) hubungan kemampuan membaca pemahaman buku teks dengan hasil belajar pendidikan Agama Islam, 5) hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pendidikan agama Islam, 6) hubungan kemampuan membaca pemahaman buku teks dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kuantitatif, dan menggunakan pendekatan analisis korelasional serta regresional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan proporsional. Sampel sebanyak 53 orang siswa. Data variabel kemampuan membaca pemahaman buku teks diperoleh melalui tes cloze. Sedangkan data variabel keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui angket, dan hasil belajar pendidikan agama Islam diperoleh melalui tes hasil belajar. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat kemampuan membaca pemahaman buku teks adalah baik mencapai 73,61%; kedua, tingkat keterampilan berpikir kritis termasuk dalam kategori tinggi mencapai 67,77%; ketiga, kepuasan hasil belajar adalah tinggi mencapai 73,55%; keempat, terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman buku teks dengan hasil belajar pendidikan agama Islam, sebesar 58%; kelima, terdapat hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pendidikan agama Islam, sebesar 50%; keenam, terdapat hubungan kemampuan membaca pemahaman buku teks dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pendidikan agama Islam, sebesar 67%. Simpulan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam dapat dilakukan melalui peningkatan kemampuan membaca pemahaman buku teks dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: Kemampuan Membaca, Buku Teks, Keterampilan Berpikir, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 10 Mar 2020 01:39 |
Perubahan Terakhir: | 10 Mar 2020 01:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5210 |
Actions (login required)
Lihat Item |