Jamaludin, Ahmad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jinayat (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MA Al-I’anah Jangkar Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I B5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (35kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II B5.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (196kB) |
||
Teks
BAB III B5.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (179kB) |
||
Teks
BAB IV B5.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
BAB V B5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (20kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Ahmad Jamaludin. NIM: 152101946. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jinayat (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MA Al-I’anah Jangkar Kota Cilegon). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Fiqih, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem posing, dan pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini dilakukan di kelas XI A dan B MA Al-I’anah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuatitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pre-test post-test, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Fiqih di Kelas XI MA AL-I’anah Jangkar Kota Cilegon sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 60%. Berada pada kategori baik dengan persentase 76,4% setelah diberi perlakuan. 2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi Jinayat dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Posing mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,92 lebih besar dari rata-rata nilai pre-test (sebelum diberikan perlakuan) yaitu 65,6. 3) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan hipotesis yang menunjukkan thitung 2,064 dan ttabel 0,05 = 1,78. Karena thitung > ttabel, maka Ha diterima. thitung berada didaerah penerimaan Ha maka Ha dapat diterima.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci: Problem Posing, Hasil belajar, Mata Pelajaran Fiqih Materi Jinayat. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 14 Feb 2020 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 14 Feb 2020 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5106 |
Actions (login required)
Lihat Item |