METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENYANDANG DISABILITAS (Studi Komparasi di SKh Negeri 01 Pembinaan Pandeglang dan SKh Negeri 01 Kota Serang)

Zakaria, Zakaria (2020) METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENYANDANG DISABILITAS (Studi Komparasi di SKh Negeri 01 Pembinaan Pandeglang dan SKh Negeri 01 Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (620kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (282kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (608kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (998kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik atau mental, bisa disebut juga dengan penyandang cacat . cacat fisik adalah kecacatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh, antara lain gerak tubuh, penglihatan, pendengaran, dan kemampuan berbicara. Cacat mental adalah kelainan mental dan tingkah laku baik cacat bawaan maupun akibat dari penyakit. Pendidikan Agama Islam pada anak disabilitas ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang masih dimiliki secara optimal, agar mereka dapat hidup mandiri dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana mereka berada. Tesis ini dimaksudkn untuk menjawab permasalahan tentang: 1) Bagaiamana Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada penyandang disabilitas di Skh Negri 01 Pandeglang Dan Skh Negri 01 Kota Serang 2) Bagaiman Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kedua sekolah Khusus Tersebut? 3) Bagamana Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kedua Sekolah Khusus tersebut ? 4) Apa Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat yang ditemukan Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tersebut?. Metode penelitian tesis ini mengunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang ditempuh terdiri dari, pertama melalui penelusuran dan pengkajian berbagai literatur yang berkaitan dengan Metode xxxii Pembelajaran Pendidikan Agama Islan di SKh Negri 01 Pembinaan Pandeglang dan SKh Negri 01 Kota Serang. Kedua melalui penelitian lapangan : wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap SKh Negri 01 Pembinaan Pandeglang dan SKh Negri 01 Kota Serang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SKh Negri 01 Pembinaan Pandeglang dan SKh Negri 01 Kota serang berbeda – beda dan semuanya itu bertujuan untuk tercapainya hasil belajar yang memuaskan, begitu pula dengan media pembelajaran dan evaluasi pembelajaranya benar-benar dipilih dan disesuaikan dengan keadaan peserta didik Selain itu pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terdapat faktor pendukung diantaranya adalah Diantaranya adalah sarana prasarananya untuk menunjang kegiatan pembelajarannya cukup lengkap. Pihak sekolah juga memberikan kelengkapan peralatan belajar, sikap sabar dan ketelatenan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, dan perhatian guru yang lebih fokus terhadap perkembangan anak. Materi yang diberikan juga diselaraskan dengan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan anak, Serta factor penghambat yaitu: faktor dari guru, faktor dari siwa dan faktor dari sarana dan prasara

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Jan 2020 04:02
Perubahan Terakhir: 27 Jan 2020 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5019

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.