Pendekatan Behavioral Terhadap Santriwati Yang Mengalami Kesulitan Dalam Menghafal Alquran, (Studi di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu, Ciracas, Kota Serang)

Azkiyah, Muzlifatul (2020) Pendekatan Behavioral Terhadap Santriwati Yang Mengalami Kesulitan Dalam Menghafal Alquran, (Studi di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu, Ciracas, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)
[img] Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPS1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (310kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (343kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (478kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (254kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB)

Abstrak

Nama: Muzlifatul Azkiyah, NIM: 153400495, Judul Skripsi: “Pendekatan Behavioral Terhadap Santriwati Yang Mengalami Kesulitan Dalam Menghafal Alquran”, (Studi di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu, Ciracas, Kota Serang), Tahun 2018-2019. Menghafal adalah kegiatan belajar yang dilakukan dengan cara mengulang-ulang sesuatu, baik dengan cara membaca atau dengan mendengar sampai ingat. Dalam hal menghafal Alquran tentu akan mengalami masalah kesulitan, baik itu datangnya dari diri sendiri, atau dari luar. Hal ini menjadi sebuah perhatian Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim untuk memberikan bimbingan terkait pemahaman kesulitan dalam menghafal Alquran kepada santriwati. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendekatan behavioral terhadap santriwati yang mengalami kesulitan dalam menghafal Alquran? 2) Bagaimana hasil perubahan dalam melakukan pendekatan behavioral terhadap santriwati yang mengalami kesulitan dalam menghafal alquran Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk menerapkan tekhnik behavioral terhadap santriwati yang kesulitan dalam menghafal Alquran (di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu). 2) Untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan pendekatan behavioral terhadap santriwati yang kesulitan dalam menghafal Alquran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku klien yang diamati. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan pendekatan behavioral dengan tekhnik home work, reward, punishment. Proses konseling terdiri dari 3 tahap pertemuan, yaitu tahap awal berupa wawancara latar belakang responden secara umum sampai khusus. Tahap kedua, diskusi mengenai kesulitan menghafal Alquran dengan tekhnik yang digunakan. Tahap ketiga, adalah proses mengarahkan responden agar mampu melewati kesulitan-kesulitan dalam menghafal Alquran. Hasil dari proses konseling ini dapat dilihat dari kemampuan responden dalam membuat perencanaan hafalan selama 1 minggu secara konsisten serta mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menghafal Alquran

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: Pendekatan Behavioral, Kesulitan Menghafal Alquran.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Jan 2020 03:11
Perubahan Terakhir: 13 Jan 2020 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.