Fatah, Tata Mohamad (2019) Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Tata Mohamad Fatah, NIM: 172042058, Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kota Serang). TESIS: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Serang 2019 Manajerial adalah bagian penting yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah, kepala sekolah merupakan seorang manajer pada hakikatnya yaitu seorang perencana, organisator, pemimpin dan seorang pengendali. Keberadaan manajer pada suatu organisasi sangat diperlukan, sebab organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi dimana di dalamnya berkembang berbagai macam pengetahuan, serta organisasi yang menjadi tempat membina dan mengembangkan karier-karier sumber daya manusia, memerlukan manajer yang mampu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan agar organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu keterampilan manajerial bisa dan mampu mengoptimalkan kinerja guru dalam mencetak siswa/i yang memiliki hasil belajar (prestasi belajar) siswa yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah keterampilan manajerial kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Serang ? 2. Apakah kinerja guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Serang ? 3. Apakah keterampilan manajerial kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Serang ? adapun tujuan yang hendak dicapai yaitu 1. Untuk mengetahui keterampilan manajerial kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Serang. 2. Untuk mengetahui kinerja guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Serang. 3. Untuk mengetahui keterampilan manajeriala kepala sekolah dan kinerja guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif menggunakan analisis korelasioanl dan regresi. Adapun populasi berjumlah 44 guru. Karena jumlah populasi dibawah semua, maka diambil semua jumlah populasi. Data sebelum uji hipotesis menggunakan beberapa langkah dan prosedur yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas. Dan selanjutnya uji signifikansi, uji korelasional, serta uji koefesien determinasi. Hasil peneltian yang pertama menunjukan terdapat pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 20,5%. Hasil penelitian kedua menunjukan terdapat pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar sebesar 57,3%. Dan hasil ketiga menunjukan terdapat pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 88,58%. Kata kunci : Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 23 Des 2019 04:30 |
Perubahan Terakhir: | 23 Des 2019 04:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4854 |
Actions (login required)
Lihat Item |