Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatori Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Pontang.

Susilawati, Susilawati (2019) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatori Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Pontang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img] Teks
HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (267kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (190kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (545kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (175kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB)

Abstrak

Susilawati, 152102101. 2019. Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatori Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Pontang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatori Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Pontang. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan model Miles dan Huberman, yaitu model analisis interaktif. Langkahlangkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatori Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Pontang terdapat enam tahapan untuk melaksanakannya yaitu: 1) Tahap pembinaan keakraban, 2) Tahap identifikasi kebutuhan, sumber, dan kemungkinan hambatan dalam belajar, 3) Tahap perumusan tujuan belajar, 4) Tahap penyusunan program kegiatan pembelajaran, 5) Tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran, 6) Tahap penilaian proses, hasil dan pengaruh kegiatan pembelajaran. Dalam penerapan strategi ini kurang efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan pada proses pembelajarannya siswa belum memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar sehingga dalam pembelajaran siswa banyak yang tidak memperhatikan materi yang sedang dibahas. Hasil penerapan strategi yang kurang efektif ini membuat siswa menjadi sedikit menyepelekan dalam belajar Pendidikan Agama Islam karena menurut mereka materinya sudah mereka ketahui dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat siswa di SMP Negeri 1 Pontang menjadi kurang termotivasi dan kurang berpartisipasi untuk belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata kunci : Efektivitas, Strategi Pembelajaran Partisipatori Learning, Motivasi Belajar dan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.11 Dasar dan system falsafah Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2019 07:07
Perubahan Terakhir: 12 Des 2019 07:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4826

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.