Pengaruh Penerapan Metode Permainan Komunikata Terhadap Keterampilan Menyimak Pantun (Pre Eksperimen di Kelas IV SDN Belumbang Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon)

I’il Ilmiyati, I’il Ilmiyati (2019) Pengaruh Penerapan Metode Permainan Komunikata Terhadap Keterampilan Menyimak Pantun (Pre Eksperimen di Kelas IV SDN Belumbang Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (72kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (493kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (170kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (612kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (564kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (956kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : I’il Ilmiyati. NIM: 152400860. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Permainan Komunikata Terhadap Keterampilan Menyimak Pantun (Pre Eksperimen di Kelas IV SDN Belumbang Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Metode permainan komunikata efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada pokok bahasan pantun. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD Negeri Belumbang Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian One- Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas IV Semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 30 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IV. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode permainan komunikata memperoleh nilai rata-rata posttest 86,4 sedangkan hasil pretest memperoleh rata-rata 48.4 hal ini membuktikan bahwa Hasil postets pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi pantun Kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan metode komunikata lebih tinggi dibanding dengan Hasil pretest ( yaitu 1,67). Kesimpulan penelitian ini adalah metode permainan komunikata efektif dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan pada bahasan materi pantun. Kata kunci: Metode komunikata, keterampilan menyimak, materi pantun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Des 2019 07:46
Perubahan Terakhir: 10 Des 2019 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.