Sahrowi, Sahrowi (2019) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah (Studi Kasus Di MA Darul Hikmah Binuang Serang Banten)”. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama : Sahrowi, NIM : 152102083, Judul Skripsi : “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah (Studi Kasus Di MA Darul Hikmah Binuang Serang Banten)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter siswa di kelas XI MA Darul Hikmah Binuang Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeksripsikan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi saat ini, baik fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi atau perbandingan berbagai variabel. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling non probability yaitu sampling purposive, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Darul Hikmah Binuang Serang Banten yang berjumlah 87 Siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 25 pernyataan. Persyaratan normalitas menggunakan rumus chi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi kepribadian Guru dengan Pembentukan Karakter Siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi antara variabel X dengan Variabel Y menunjukan indeks koefisien korelasi sebesar 0,97. Kemudian dirujuk dari tabel interpretasinya ternyata nilai “r” 0,97 berada antara (0,80 – 1,00) yang interpretasinya antara Kompetensi Kepribadian Guru dengan Karakter Siswa terdapat korelasi sangat kuat. Interpretasinya adalah thitung (36,74) dan ttabel (80,75) maka dengan demikian Hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga ada pengaruh antara kompetensi kepribadian guru dengan pembentukan karakter siswa di MA Darul Hikmah Binuang Serang Banten. Adapun kontribusi Variabel X terhadap Variabel Y dengan menggunakan Coefisien Determinasi (CD) kompetensi kepribadian guru (Variabel X) terhadap pembentukan karakter siswa (Variabel Y) adalah 94,09 %. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru dan Karakter Siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 09 Des 2019 07:55 |
Perubahan Terakhir: | 09 Des 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4800 |
Actions (login required)
Lihat Item |