Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 2 Kota Serang dan SMP Negeri 3 Ciruas Kabupaten Serang)

Kurnia, Roni (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 2 Kota Serang dan SMP Negeri 3 Ciruas Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (520kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (267kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (597kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (745kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (706kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Roni Kurnia, NIM. 1540100340, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 2 Kota Serang dan SMP Negeri 3 Ciruas Kabupaten Serang). Tesis: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasasnuddin Banten, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat kecerdasan emosioanl siswa. 2) tingkat motivasi belajar siswa. 3) tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 4) pengaruh kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 5) pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 6) pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajarsiswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 2 Kota Serang dan SMP Negeri 3 Ciruas Kabupaten Serang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin, dari rumus tersebut diperoleh sampel sebanyak 84 siswa dari jumlah populasi sebanyak 529 siswa. Data variabel hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh dari nilai raport akhir semester. Sedangkan data variabel kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa diperoleh melalui hasil penyebaran angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji realibiltas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tingkat kecerdasan emosional siswa tergolong sangat tinggi, yaitu mencapai 86,44%. 2) tingkat motivasi belajar siswa tergolong tinggi yaitu mencapai 79,35 %. 3) tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong tinggi, yaitu mencapai 79,10%. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata vi pelajaran Pendidikan Agama Islam, besarnya pengaruh tersebut mencapai 52,13 %. 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, besarnya pengaruh tersebut mencapai 76,21 %. 6) ) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, besarnya pengaruh tersebut mencapai 84,09 %. Kesimpulannya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diperbaiki dan ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2019 08:14
Perubahan Terakhir: 06 Des 2019 08:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4793

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.