Analisis Deskriptif Rendahnya Hasil Belajar Ips Kelas V Materi Sejarah. (Studi di Kelas V SDN Panancangan 4 Kota Serang).

Sari, Nurmala (2019) Analisis Deskriptif Rendahnya Hasil Belajar Ips Kelas V Materi Sejarah. (Studi di Kelas V SDN Panancangan 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (925kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (369kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (410kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Nurmala Sari, NIM: 142400750, Judul Skripsi: Analisis Deskriptif Rendahnya Hasil Belajar Ips Kelas V Materi Sejarah. (Studi di Kelas V SDN Panancangan 4 Kota Serang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar IPS kelas V materi Sejarah di SDN Panancangan 4 Kota Serang, untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar IPS kelas V materi Sejarah di SDN Panancangan 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tabel hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki hasil belajar rendah rata-rata sebanyak 92% siswa dengan jenis kesulitannya meliputi: kurangnya pemahaman siswa dalam materi sejarah, kurang aktifnya siswa dalam bertanya, kemudian ketidakmampuan siswa dalam mengingat materi seperti (menyebutkan nama-nama, tahun pemerintahan dan peninggalannya), dan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar IPS dalam memahami materi sejarah diklasifikasikan pada dua faktor yaitu faktor yang terdapat dalam diri siswa seperti faktor psikologis dalam belajar, motivasi dan konsentrasi belajar . Selain itu adanya faktor yang terdapat diluar diri siswa atau faktor eksternal yaitu kurang perhatian orangtua dalam pembinaan belajar di luar sekolah.Meskipun hasil belajar itu di peroleh para siswa lebih tergantung pada siswa itu sendiri, namun diharapkan para pengajar berperan serta dalam meningkatkannya yaitu arahkan para siswa untuk bisa mempersiapkan diri secara fisik dan mental, meningkatkan konsentrasi belajar siswa, berilah para siswa motivasi belajar, ajarkan mereka strategi-strategi belajar, bagaimana caranya bisa belajar sesuai dengan gaya masing-masing, belajar secara menyeluruh, dan membiasakan mereka saling berbagi. Kata kunci: Hasil, Belajar, Materi, Sejarah, IPS

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 28 Nov 2019 02:20
Perubahan Terakhir: 28 Nov 2019 02:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.