Fauzan, Muhammad Fakhri (2019) Kompetensi Guru Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Kelas VII 7 SMPN 1 Cisauk). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Muhammad Fakhri Fauzan. 142101881. 2019. Kompetensi Guru Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Kelas VII 7 SMPN 1 Cisauk). Menjadi seorang guru tidak semudah yang di bayangkan, akan tetapi untuk menjadi guru itu harus mengerti tentang pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu kependidikan. Selain itu pula kompetensi guru merupakan hal yang sangat urgent dalam rangka mencapai hasil belajar siswa yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kompetensi Guru mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cisauk? 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cisauk? 3) Apakah terdapat Hubungan antara Kompetensi Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Cisauk?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Kompetensi Guru mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cisauk, 2) Untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cisauk, dan 3) Untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara Kompetensi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Cisauk. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah hubungan korelasional antara Kompetensi Guru (variabel X) indikatornya: pengetahuan, keterampilan, dan perilaku; dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (variabel Y) indikatornya: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cisauk, dengan jumlah sampel 36 orang dari populasi yang berjumlah 360 orang diambil dari siswa kelas VII 7 SMPN 1 Cisauk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis jenis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner (angket), tes, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisis korelasi (variabel X dan variabel Y) dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,59 berada di antara 0,40-0,599 yang interpretasinya adalah Kompetensi Guru (variabel X) Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (variabel Y) terdapat korelasi yang sedang, dengan kontribusi variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi (Cd) sebesar 34,81 %, sedangkan sisanya 65,19 % dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran PAI
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2019 07:35 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2019 07:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4675 |
Actions (login required)
Lihat Item |