Mar’atussolihah, Mar’atussolihah (2019) Pengaruh Penerapan Media Congklak Terhadap Keterampilan Siswa dalam pembagian Dua Angka.(Kuasi Eksperimen di Kelas II SD Negeri Puloampel Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Cover Skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (83kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (396kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (243kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (368kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (539kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama :Mar’atussolihah. NIM: 152400865. Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Media Congklak Terhadap Keterampilan Siswa dalam pembagian Dua Angka.(Kuasi Eksperimen di Kelas II SD Negeri Puloampel Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang-Banten) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan media congklak terhadap keterampilan siswa dalam pembagian dua angka. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta di tujuh Sekolah Dasar daerah kecamatan Puloampel kabupaten Serang mengungkapkan bahwa, siswa kelas tinggi masih kesulitan dalam menghitung pembagian. Permasalah tersebut juga di temui beberapa SD/MI tersebut hampir sama yakni dalam pembelajaran di kelas rendah siswa mengalami kejenuhan dan dalam mengingat pembagian dengan caranya mereka masih lemah, karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Setelah dilakukan pembelajaran di kelas II SD Negeri Puloampel menggunakan media congklak, siswanya mengalami peningkatan dari nilai sebelumnya. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media congklak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 61,04 sedangkan nilai rata-rata posttest 87, 05. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dianalisis menggunakan pengujian statistik berupa uji Mc Nemar dan diperoleh nilai signifikan sebesar 20,055 > 3,841 berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh penerapan media congklak terhadap keterampilan siswa dalam pembagian dua angka. Kata Kunci: Penerapan, Media, Congklak, Keterampilan Pembagian
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2019 04:40 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2019 04:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4659 |
Actions (login required)
Lihat Item |