DAMAYANTI, ULFI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN DESA MELALUI METODE CARD SORT(PTK di Kelas IV SDN Pasanggrahan Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (128kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
Lampiran Awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (358kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (352kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode lama dan responsif dalam menerima materi sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu solusi masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode Card Sort. Metode ini dapat memudahkan siswa dalam menemukan konsep-konsep pada pembelajaran PKn dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Card Sort pada pembelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan desa dikelas IV SDN Pasanggrahan? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan desa menggunakan metode Card Sort di kelas IV SDN pasanggrahan? Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan metode card sort pada pembelajaran PKn pokok bahsan sistem pemerintahan desa di kelas IV SDN Pasanggrahan. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan desa menggunakan metode card sort di kelas IV SDN Pasanggrahan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan metode CardSortdalam pembelajaran PKn lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pemerintahandesa, siswa tidak merasabosan selama pembelajaran dan siswa terlibat selama proses pembelajaran. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilairata-rata setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada pra siklus 58,17 pada siklus I 58,33 dan siklus II 81. Proses pembelajaran PKn melalui metode Card Sort pokok bahasan sistem pemerintahan desa terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | SISTEM PEMERINTAHAN |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 03 Mei 2017 14:51 |
Perubahan Terakhir: | 03 Mei 2017 14:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/454 |
Actions (login required)
Lihat Item |