Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Preeksperimen terhadap Siswa Kelas III MIN 2 Serang).

Marisa, Mega (2019) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Preeksperimen terhadap Siswa Kelas III MIN 2 Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN HAL DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (70kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (42kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4. BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB III SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. BAB IV SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (271kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. BAB V SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Mega Marisa, Nim: 152400868, 2019. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Preeksperimen terhadap Siswa Kelas III MIN 2 Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode the power of two berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada pokok bahasan menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi. Penelitian ini dilakukan di kelas III MIN 2 Serang di Kabupaten Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Penelitian ini dalam metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest one group design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas III semester genap tahun ajaran 2018/2019 di Kabupaten Serang. Sampel yang diambil adalah kelas III C dengan jumlah 23 siswa di MIN 2 Serang. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode the power of two memperoleh rata-rata nilai posttest 84.94, sedangkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) memperoleh rata-rata nilai pretest 73.59. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada materi menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi kelas III yang diajarkan dengan menggunakan metode the power of two lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) (thitung > ttabel yaitu 2.27 > 1,684). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode the power of two berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada pokok bahasan menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi. Kata Kunci: Metode The Power Of Two, Hasil Belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Nov 2019 09:11
Perubahan Terakhir: 01 Nov 2019 09:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.