Implementasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pealajaran Akidah Akhlak

Muafiqoh, Muafiqoh (2019) Implementasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pealajaran Akidah Akhlak. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER PIPIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
0. abstrak skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB 1 PIPIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (48kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
REVISI BAB 2 BU DINI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB III PIPIH_2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. BAB IV PIPIH revisi pak hasbullah_2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. BAB V PIPIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Muafiqoh NIM: 152102064, Judul Skripsi: Implementasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pealajaran Akidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun teori yang melandasi dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching dan keaktifan belajar menurut Ann Brown dan Annemarie Palincsar, Nur dan Wikandari, dan Palinscar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana hasil pembelajaran Akidah Akhlak pada materi berilmu dengan menggunakan model Reciprocal Teaching dan Bagaimana implementasi penggunaan model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi berilmu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran Akidah Akhlak pada materi berilmu dengan menggunakan model Reciprocal Teaching dan untuk mengetahui implementasi penggunaan model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi berilmu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah tes. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa menggunakan Model Reciprocal Teaching dibuktikan dengan nilai t >t , 56.171> 2,093, makaH diterima dan kelas kontrolt >t , 56.551> 2,080 dan nilai signifikannya 0,00 < 0.05. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dari model Reciprocal Teaching terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di kelas IX MTs Al-Khairiyah Pipitan Darussalam). Kata Kunci: Model Reciprocal Teaching, keaktifan belajar, Akidah Akhlak

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Nov 2019 09:11
Perubahan Terakhir: 01 Nov 2019 09:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.