Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMP Khairul Huda Kota Serang

Laeli, Wardah Miftahul (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMP Khairul Huda Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
B5 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
B5 HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (82kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
b5 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
b5 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
B5 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
b5 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
b5 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
B5 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama :Wardah Miftahul Laeli, NIM : 152101962, Judul Skripsi : Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMP Khairul Huda Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sikap Keberagamaan pada siswa di SMP Khairul Huda Kota Serang dan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa SMP Khairul Huda Kota Serang. Latar belakang dan fokus penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap keberagamaan pada siswa, penulis memilih sekolah di SMP Khairul Huda Kota Serang karena penulis ketika di lapangan menemukan terdapat beberapa siswa yang mengalami gangguan sosial karena berbagai masalah seperti perceraian orang tua, keluarga yang berantakan. Akibat dari masalah itu beberapa siswa menunjukan sikap yang kurang sopan terhadap guru dan tidak mengikuti berbagai disiplin sekolah, Pendidikan agama Islam berusaha semaksimal mungkin agar sikap keberagamaan yang dimiliki siswa dapat berkembang dengan cara menerapkan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong siswa kepada hal yang lebih baik dari sebelumnya. Secara teoritis penelitian ini bermanfaat untuk melengkapi konsep peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan sikap keberagamaan pada peserta didik dan secara praktis pembaca dapat merespon secara kritis, konstruktif dan sebagai problem solver terhadap permasalahan yang berkaitan dengan sikap keberagamaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif lapangan (field research), dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber primer yaitu guru pendidikan agama Islam dan sumber sekunder yaitu siswa yang dapat mempresentasikan siswa kelas VIII, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara secara mendalam (In Depth Interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu dari sisi pengamalan nilai keagamaan, siswa memiliki kualitas moral yang baik, menimbang siswa tidak ada yang memiliki prilaku arogan dan berbuat keonaran di sekolah, termasuk pula dengan guru dan sesama teman. Semua siswa memiliki keyakinan baik terhadap Allah SWT, karena tidak ada satupun siswa yang memiliki pendapat negatif terhadap ketuhanan dalam Islam. Dan siswa berpendapat segala apa yang dilakukan akan diawasi oleh Allah SWT. Guru berperan dengan membimbing, memotivasi, pembinaan rohani dan suritauladan serta kegiatan kegiatan lainnya di sekolah Tinjaun Keberhasilan Program Keagamaan SMP Khairul Huda Kota Serang adalah, tadarus pagi setiap harinya, program hafalan surat-surat pendek (Tahfidz Al-Qur’an), shalat dzuhur berjama’ah dan pesantren kilat ketika bulan ramadhan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Nov 2019 09:11
Perubahan Terakhir: 01 Nov 2019 09:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.