Pengaruh Pembiasaan Tartil Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas XI SMAN 4 Kota Serang).

Fatmala, Ria (2019) Pengaruh Pembiasaan Tartil Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas XI SMAN 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover PAI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
HALAMAN AWAL b5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (571kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (665kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (478kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (647kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Ria Fatmala, NIM. 152101943, Judul Skripsi : Pengaruh Pembiasaan Tartil Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas XI SMAN 4 Kota Serang). Pembiasaan adalah melakukan suatu perbuatan atau keterampilan tertentu terus-menerus secara konsisten untuk waktu yang cukup lama, sehingga perbuatan dan keterampilan itu benar-benar dikuasai dan akhirnya menjadi suatu kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Pembiasaan merupakan metode pendidikan yang sangat penting, terutama bagi peserta didik. Mereka tentu akan merasa berat ketika membaca Al-Qur’an secara tartil tidak dijadikan kebiasaan. Tartil adalah pembacaan Al-Qur’an dengan perlahan-lahan dengan memberikan hak setiap huruf, seperti menyempurnakan mad (panjang) atau memenuhi ghunnah (degungan). Agar membaca Al-Qur’an secara tartil tidak dilupakan oleh generasi muda saat ini, maka pendidik harus memberikan motivasi agar minat dari peserta didik mulai tumbuh sehingga dalam proses belajar mengajar siswa lebih semangat dan hasil belajar pun akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembiasaan tartil Al-Qur’an sebelum pembelajaran pada kelas XI IIS, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada kelas XI IIS dan apa pengaruh pembiasaan tartil Al-Qu’an sebelum pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IIS di SMA Negeri 4 Kota Serang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan tartil Al-Qur’an sebelum pembelajaran pada kelas XI IIS, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada kelas XI IIS dan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan tartil Al-Qu’an sebelum pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IIS di SMA Negeri 4 Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Serang, dengan jumlah sampel sebanyak 87 siswa di kelas XI IIS. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis korelasi, dengan menggunakan product moment (rxy), diketahui bahwa indeks koefisien korelasi = 0,96. Hal ini menunjukkan bahwa antara Pembiasaan Tartil Al-Qur’an (Variabel X) dengan Hasil Belajar Siswa (Variabel Y) terdapat korelasi yang sangat kuat dan sangat tinggi. Selanjutnya uji signifikasi diketahui bahwa t hitung = 36,37 dan t tabel = 1,66, dimana t hitung (36,37) > t tabel (1,66), interpretasinya adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Pembiasaan Tartil Al-Qur’an (Variabel X) dengan Hasil Belajar Siswa (Variabel Y). Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah 92,16%, sedangkan sisanya sebesar 7,84% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal yang ditinjau dari faktor fisiologi dan faktor psikologi. Kata Kunci : Pembiasaan Tartil Al-Qur’an, Hasil Belajar Siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.11 Turun/nuzulul Quran; masukkan di sini ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2019 06:42
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2019 06:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4456

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.