PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang)

Nurhasanah, Nurhasanah (2019) PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK dan lainnya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I Revisi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (438kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (325kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (66kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Nurhasanah, NIM : 122111513, judul skripsi: PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang) Hasil belajar sebagai cerminan dari hasil proses pembelajaran perlu untuk diperhatikan oleh semua guru karena dengan hasil belajar dari proses pembelajaran yang efektif dapat diketahui serta untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang didapat oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal bahkan maksimal dapat diraih dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat diantaranya yaitu dengan menerapkan metode modeling. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi Kecamatan Walantaka Kota Serang dengan jumlah 36 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini penulis laksanakan sebanyak dua siklus (putaran). Dalam PTK ini, penulis menggunakan model PTK dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Sama seperti umumnya, PTK model Kemmis dan Mc. Taggart memiliki langkah-langkah penelitian dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah metode modeling dapat meningkatkan aktifitas guru serta siswa sehingga mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode modeling. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dari prasiklus hingga siklus II didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan kenaikan tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I hanya 47% dengan nilai rata-rata 74, kemudian pada tes siklus II naik lagi menjadi 86% dengan nilai rata-rata 83. Kata Kunci : Hasil Belajar Siwa, Metode Modeling

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2019 04:13
Perubahan Terakhir: 27 Sep 2019 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.