Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen

Mariasinta, May (2019) Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (389kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (254kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (392kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (505kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA-.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: May Mariasinta, NIM: 131401408, Judul Skripsi: Nama: May Mariasinta, NIM: 131401408, Judul Skripsi: Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen. Strategi penetapan harga merupakan hal yang mendasar bagi keberhasilan tiap kegiatan bisnis. Harga menjadi ujung tombak dalam kegiatan bisnis untuk menarik konsumen. Tingkat kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan produk yang dibeli terhadap hasil yang didapat. Oleh karenanya harga yang ditetapkan bisa membuat konsumen merasa puas ketika harga yang dibeli sesuai dengan harapan dan tidak puas ketika harga yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) apakah strategi penetapan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen?; 2) seberapa besar pengaruh strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan pada strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner sebanyak 52 responden. Metode analisis data yang digunakan meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Heteroskedastisitas), Uji Analisis Regresi linier Sederhana, Uji Koefisisen Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan strategi penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang dilakukan, dimana thitung lebih besar dari ttabel (3,350>2,008), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,002<0,05). Dengan demikian, semakin baik strategi penetapan harga yang ditetapkan toko, maka semakin meningkat pula tingkat kepuasan konsumennya. Berdasarkan pengujian data secara statistik melalui analisis koefisien korelasi diperoleh hasil sebesar 0,428 atau 42,8% yang berarti tingkat hubungan antara variabel strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen adalah sedang, dikarenakan berada pada interval koefisien korelasi (0,40 – 0,599). Adapun hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,183 atau 18,3% yang artinya variabel X (strategi penetapan harga) mempengaruhi variabel Y (tingkat kepuasan konsumen) sebesar 18,3% dan sisanya 81,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Strategi Penetapan Harga, Tingkat Kepuasan Konsumen. Strategi penetapan harga merupakan hal yang mendasar bagi keberhasilan tiap kegiatan bisnis. Harga menjadi ujung tombak dalam kegiatan bisnis untuk menarik konsumen. Tingkat kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan produk yang dibeli terhadap hasil yang didapat. Oleh karenanya harga yang ditetapkan bisa membuat konsumen merasa puas ketika harga yang dibeli sesuai dengan harapan dan tidak puas ketika harga yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) apakah strategi penetapan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen?; 2) seberapa besar pengaruh strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan pada strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner sebanyak 52 responden. Metode analisis data yang digunakan meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Heteroskedastisitas), Uji Analisis Regresi linier Sederhana, Uji Koefisisen Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan strategi penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang dilakukan, dimana thitung lebih besar dari ttabel (3,350>2,008), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,002<0,05). Dengan demikian, semakin baik strategi penetapan harga yang ditetapkan toko, maka semakin meningkat pula tingkat kepuasan konsumennya. Berdasarkan pengujian data secara statistik melalui analisis koefisien korelasi diperoleh hasil sebesar 0,428 atau 42,8% yang berarti tingkat hubungan antara variabel strategi penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen adalah sedang, dikarenakan berada pada interval koefisien korelasi (0,40 – 0,599). Adapun hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,183 atau 18,3% yang artinya variabel X (strategi penetapan harga) mempengaruhi variabel Y (tingkat kepuasan konsumen) sebesar 18,3% dan sisanya 81,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Strategi Penetapan Harga, Tingkat Kepuasan Konsumen

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2019 06:44
Perubahan Terakhir: 23 Aug 2019 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.