Analisis Kemampuan Membaca Pada Kelas 3 MI Al –Hidayah Gorda

Aulia, Kurnia (2019) Analisis Kemampuan Membaca Pada Kelas 3 MI Al –Hidayah Gorda. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN NIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (391kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (177kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (293kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (117kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (181kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (159kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (139kB)

Abstrak

Nama: Kurnia Aulia, Nim: 152400812, Judul: Analisis Kemampuan Membaca Pada Kelas 3 MI Al –Hidayah Gorda Membaca atau mengungkapkan tulisan secara lisan merupakan hal yang sangat sulit. Tumbuhnya rasa minder dan takut salah saat membaca akan menyebabkan seseorang itu sulit untuk membaca. Permasalahan tersebut juga dialami sebagian besar siswa-siswi MI Al –Hidayah Gorda kelas 3 pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penyebab yang mempengaruhi siswa sulit untuk membaca. Penelitian ini dilakukan di MI Al –Hidayah Gorda. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif . Berdasarkan hasil penelitian ini, dinyatakan bahwa 39% siswa yang mengalami kesulitan dalam menyuarakan tulisan, 35% siswa yang mengalami kesulitan dalam kewajaran pelafalan dari keseluruhan, 44% siswa yang mengalami kesulitan pengucapan intonasi, 56% siswa yang mengalami kesulitan kelancaran dalam membaca, 52% siswa yang mengalami kesulitan dalam kejelasan suara dalam membaca, 22% siswa yang mengalami kesulitan kesulitan dalam mengucapkan huruf vokal, 30% siswa yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan bunyi konsonan, 48% siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami isi teks bacaan, 13% siswa yang mengalami kesulitan dalam ketepatan penggunaan bahasa berdasarkan EYD, 56% siswa yang mengalami kesulitan dalam ketepatan pengucapan tanda baca. Faktor yang mempengaruhi siswa sulit membaca yaitu faktor Internal yang berasal dari dalam diri siswa meliputi fisiologis dan psikologis. Faktor Ekternal yaitu berasal dari luar diri siswa meliputi lingkungan, keluarga dan adat istiadat dan sekolah. Kata kunci: Bahasa Indonesi

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2019 07:57
Perubahan Terakhir: 21 Aug 2019 07:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.