Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Teknik Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian, (Kuasi Eksperimen Di Kelas III SDN Kebon Sari II Kec. Citangkil Kota Cilegon

Rianti, Anggit Aditya (2019) Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Teknik Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian, (Kuasi Eksperimen Di Kelas III SDN Kebon Sari II Kec. Citangkil Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (461kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (889kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Anggit Aditya Rianti, NIM: 142400743, Judul Skripsi: Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Teknik Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian, (Kuasi Eksperimen Di Kelas III SDN Kebon Sari II Kec. Citangkil Kota Cilegon) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan pembelajaran teknik cross-line terhadap pemahaman konsep matematika pada materi perkalian di SDN Kebon Sari II kelas III semester I tahun ajaran 2017/2018. Teknik cross-line merupakan salah satu teknik yang dapat memudahkan siswa dalam mengoperasikan perkalian pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas control berjumlah 27 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal uraian. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji pada hasil akhir (posttest). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0, hasil perhitungan perbedaan rata-rata data Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan program SPSS 16.0 yaitu uji independent sample T-test dengan a = 0,05 dan nilai sig. (2- tailed) yang diperoleh adalah .000. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci : Cross-line, Pemahaman Konsep, Perkalian

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2019 05:31
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2019 05:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.