Septiyani, Reni (2019) Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi di MAN I Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Reni Septiyani, NIM: 122111463, judul skripsi: Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi di MAN I Pandeglang). Kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, dengan metode ceramah dan menggunakan media buku paket. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi jenuh sehingga sulit menerima materi-materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu guru harus mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam mengajar agar dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar.Video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang menampilkan unsur audio, visual, dan gerak. Video pembelajaran dapat digunakan sebagai media dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan cara menampilkan video yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) Apakah penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Pandeglang ?. 2) Seberapa besar pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran MAN 1 Pandeglang?.. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Pandeglang.2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran MAN 1 Pandeglang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN I Pandeglangyaitu, kelas XII IPA. Sedangkan sample nya adalah kelas XII IPA 2 (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 30 siswa, dan kelas XII IPA 3 (Kelas Kontrol) yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini, menggunakan metode eksperimen Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Designdengan pendekatan kuantitatif, dianalisis menggunakan uji beda, dengan ttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: minat belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata (M) 72,83. Minat belajar siswa pada kelas kontrol dengan rata-rata (M) 58,33. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengajuan menggunakan uji-t jenis independent sample t-test, maka data yang di peroleh untuk pretestthitung >ttabel, menunjukkan thitung = 6,484 dan ttabel = 1,688. Sedangkan data yang di peroleh untuk posttestthitung >ttabel, menunjukkan thitung = 5, 525 dan ttabel = 1,688. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI, dengan menggunakan media video pembelajaran Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran mempengaruhi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. ABSTRAK
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2019 07:22 |
Perubahan Terakhir: | 15 Jul 2019 07:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4159 |
Actions (login required)
Lihat Item |