Suryanti, Suryanti (2019) Analisis Pengaruh Faktor Produk terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Peserta Asuransi Syariah. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Suryanti, NIM 141600052, Judul Skripsi: Analisis Pengaruh Faktor Produk terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Peserta Asuransi Syariah. Perkembangan asuransi syariah yang diharapkan terus berkembang di masa yang akan datang, perlu adanya edukasi pada masyarakat luas khusunya di kalangan mahasiswa. Sehingga, mereka paham dan minat menjadi peserta atau anggota asuransi syariah. Untuk itu, perusahan asuransi syariah harus memiliki strategi agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang asuransi syariah sehingga masyarakat khususnya mahasiswa minat menjadi peserta asuransi syariah. Faktor produk merupakan memiliki pengaruh paling luas terhadap minat karena produk adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Berdasar latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh faktor produk terhadap minat mahasiswa menjadi peserta asuransi syariah?; 2) Berapa besar pengaruh faktor produk terhadap minat mahasiswa menjadi peserta asuransi syariah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis faktor produk terhadap minat mahasiswa menjadi peserta asuransi syariah; 2) Untuk menganalisis besaran pengaruh produk asuransi syariah terhadap minat mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Dengan teknik pengumpulan data: angket, studi pustaka dan dokumentasi. Dan teknik pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Hasil analisis terlihat thitung sebesar 2,644 dan ttabel dengan menggunakan uji dua pihak dengan tingkat signifikan a=5% df (n-k-1) = (96-1-1)=94, maka besar ttabel 1,98552. Jadi, t hitung > t tabel (2,644 > 1,98552) dan tingkat signifikansi 0.002 atau lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti faktor produk asuransi mempunyai pengaruh secara positif terhadap minat mahasiswa menjadi calon peserta asuransi syariah. Besarnya nilai koefisien determinasi (R2) bisa dilihat dari nilai R Square yaitu sebesar 0,39. Hal ini berarti bahwa variabel faktor produk asuransi dapat dijelaskan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa menjadi calon peserta asuransi syariah sebesar 39%. Adapun sisanya 61% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini diantanya faktor promosi, pelayanan dan lain-lain. Kata Kunci: Produk Asuransi Syariah, Minat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Produksi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2019 07:21 |
Perubahan Terakhir: | 15 Jul 2019 07:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4141 |
Actions (login required)
Lihat Item |