Implementasi Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada study Alqur’an hadist (Studi di Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Lebak Jaha Malingping).

Nurhaeti, Nurhaeti (2019) Implementasi Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada study Alqur’an hadist (Studi di Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Lebak Jaha Malingping). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cav.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (109kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I REVISI NEW.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (304kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II REVISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (546kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III REVISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (319kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV REVISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (566kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
PENGESAHAN NURHAETI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (337kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nurhaeti, NIM 122111367, judul skripsi: Nurhaeti, NIM 122111367, judul skripsi: Implementasi Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada study Alqur’an hadist (Studi di Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Lebak Jaha Malingping). Quantum learning, gaya mengajar guru sama dengan gaya belajar siswa apabila guru berhasil masuk ke dalam dunia siswa lewat penyesuaian gaya belajar siswa, siswa akan rela memberikan hak mengajarnya kepada guru. Menurut DePorter, wewenang mengajar dan hak mengajar itu berbeda. Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka penulis dapat merumuskan beberapa pokok permasalahan sebagai berikut: 1). Bagaimana penerapan model quantum learning pada study Al-Qur’an hadist di MTS Nurul Hidayah Lebak Jaha Malingping? 2) Apakah model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang study Al-qur’an Hadist di MTS Nurul hidayah lebak jaha Malingping? Adapun penelitian ini bertujuan untuk :1).Untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Quantum Learning di MTS Nurul Hidayah lebak jaha Malingping 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Learning pada bidang study Al-qur’an hadist di MTS Nurul hidayah lebak jaha malingping. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart modifikasi hofkins,dan dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (action), observasi (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi yang dianalisi untuk mengetahui ketercapaian tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadist yang terlihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus(60,69),siklus I (68,06),dan siklus II (77,58),juga terlihat pada presentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus (19,35), siklus I (35,48%),siklus II (61,29%). Simpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan Model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar AlQur’an Hadits pada materi Tentang Kepedulian Sosial telah berhasil dilaksanakan dan peningkatannya yang cukup signifikan. Quantum learning, gaya mengajar guru sama dengan gaya belajar siswa apabila guru berhasil masuk ke dalam dunia siswa lewat penyesuaian gaya belajar siswa, siswa akan rela memberikan hak mengajarnya kepada guru. Menurut DePorter, wewenang mengajar dan hak mengajar itu berbeda. Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka penulis dapat merumuskan beberapa pokok permasalahan sebagai berikut: 1). Bagaimana penerapan model quantum learning pada study Al-Qur’an hadist di MTS Nurul Hidayah Lebak Jaha Malingping? 2) Apakah model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang study Al-qur’an Hadist di MTS Nurul hidayah lebak jaha Malingping? Adapun penelitian ini bertujuan untuk :1).Untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Quantum Learning di MTS Nurul Hidayah lebak jaha Malingping 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Learning pada bidang study Al-qur’an hadist di MTS Nurul hidayah lebak jaha malingping. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart modifikasi hofkins,dan dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (action), observasi (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi yang dianalisi untuk mengetahui ketercapaian tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadist yang terlihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus(60,69),siklus I (68,06),dan siklus II (77,58),juga terlihat pada presentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus (19,35), siklus I (35,48%),siklus II (61,29%). Simpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan Model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar AlQur’an Hadits pada materi Tentang Kepedulian Sosial telah berhasil dilaksanakan dan peningkatannya yang cukup signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 04 Jul 2019 04:08
Perubahan Terakhir: 04 Jul 2019 04:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.