Efektivitas Penggunaan Media Diorama Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI.

Nisa, Mila Muflihatun (2019) Efektivitas Penggunaan Media Diorama Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (585kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (764kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (623kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (817kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (377kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mila Muflihatun Nisa. 152102084. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Diorama Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui penggunaan media diorama dalam model pembelajaran contextual teaching and learning; 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI; 3) Mengetahui efektivitas penggunaan media diorama dalam model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Ciruas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik Quasi Experimental Design dengan menentukan kelas kontrolnya tidak menggunakan sistem random. Instrumen penelitian menggunakan tes tulis jenis multiple choice (pilihan ganda). Penggunaan Diorama digunakan dengan sistem belajar contextual teaching and learning pada kelas eksperimen, Siswa diberikan tugas secara kelompok kemudian menjelaskan tentang materi PAI menggunakan media diorama. Hal tesebut memberikan hasil yang signifikan dimana siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar 83, 65 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai 73, 91. Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandindkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, pada uji hipotesis dari penelitian ini adalah t0 = 6,34 dengan Degrees Of Freedom (df) adalah 47. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan level taraf signifikan 5% dan 1% dari Degrees Of Freedom yang mana 5% dari df 47 adalah 1,684 dan 1% dari df 47 adalah 2, 423. Perbandingan t0 dengan masing-masing hasil df hasilnya yaitu 1,684 < 2,423 < 6,34. Nilai t0 lebih besar dibandingkan ttable sehingga hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat efektivitas yang signifikan penggunaan media diorama dalam model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa sebagaimana yang dibuktikan dari hasil perhitungan statistik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : Media Diorama, Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, PAI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Jul 2019 02:42
Perubahan Terakhir: 02 Jul 2019 02:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4096

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.