Pendidikan Demokratis Menurut Paulo Freire dan Relevansinya Terhadap Pola Pendidikan Pesantren” (Studi kasus di Pesantren Al Mubarok Serang, Banten)

Lestari, Merta Merdiana (2019) Pendidikan Demokratis Menurut Paulo Freire dan Relevansinya Terhadap Pola Pendidikan Pesantren” (Studi kasus di Pesantren Al Mubarok Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (525kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (808kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (60kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (76kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Merta Merdiana Lestari Pendidikan Demokratis Menurut Paulo Freire dan Relevansinya Terhadap Pola Pendidikan Pesantren” (Studi kasus di Pesantren Al Mubarok Serang, Banten) Pendidikan Demokratis Menurut Paulo Freire dan Relevansinya Terhadap Pola Pendidikan Pesantren” (Studi kasus di Pesantren Al Mubarok Serang, Banten) , NIM: 132101587 Judul Skripsi “Pendidikan Demokratis Menurut Paulo Freire dan Relevansinya Terhadap Pola Pendidikan Pesantren” (Studi kasus di Pesantren Al Mubarok Serang, Banten) Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mempelajari lebih luas arti penting pendidikan demokratis dan melihat lebih jauh lagi, bagaimana perkembangan pendidikan di pesantren dalam menghadapi kemajuan teknologi dan globalisasi. Secara sadar penulis sangat tertarik menuliskan terkait skripsi yang berbentuk penelitian kualitatif ini. Lebih dari itu, penulis berharap bahwa pendidikan di era moderen dan kaya akan persaingan ini, tidak melepaskan kita pada, dimana manusia sadar akan dirinya sendiri. Relevansi diantara kedua teori dan pengimplementasian ini lebih condong pada bagaimana pola pendidikan yang demokratis ini bisa dan memang ada di lingkungan pesantren. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan rujukan hasil wawancara dan dukungan data sekunder yang relevan dengan menyertakan sumber aslinya. Selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan dengan poinpoin. Kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa upaya dan rencana akan pola pendidikan demokratis pada siswa/i atau santri di pondok pesantren Al Mubarok Serang Banten. Hal ini terlihat pada pembuatan tata tertib santri, yang melibatkan para santri untuk terciptanya kesadaran kritis. Selain itu, relevansi pola pendidikan demokratis inipun melibatkan para santri dalam bermasyarakat di sekitar lingkungan pesantren. Ini mencerminkan bahwa siswa/i ataupun para santri di hadapkan langsung dengan realita atau sosial. Kata kunci: Pendidikan Demokratis, Pola Pendidikan Pesantren

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Jun 2019 06:30
Perubahan Terakhir: 20 Jun 2019 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.