Efektivitas Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Ciomas).

Puspitasari, Nia (2019) Efektivitas Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Ciomas). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (113kB)
[img] Teks
ABSTRAK DKK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (387kB)
[img] Teks
BAB I NIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB)
[img] Teks
BAB II NIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (265kB)
[img] Teks
BAB III NIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (893kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (123kB)

Abstrak

Nama : Nia Puspitasari, 142101826. 2018. Efektivitas Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Ciomas). Aktivitas belajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran. Aktivitas belajar dapat merangsang siswa terlibat secara aktif. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa dan membuat suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Ciomas 2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Ciomas 3)Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas kelas eksperimen dan aktivitas kelas kontrol di SMA Negeri 1 Ciomas. Hipotesis dalam ini adalah 1) Ho = 0, tidak terdapat efektivitas penerapan strategi guided note taking terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI 2) Hi ≠ 0, terdapat efektivitas penerapan starategi guided note taking terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain prates-pascates. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar antara kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan. Hal ini dibuktikan dari thitung yang berada pada penerimaan Hi (thitung > ttabel atau 10,24 > 2,38), dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi guided note taking efektif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Strategi Guided Note Taking, Aktivitas Belajar Siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Jun 2019 03:11
Perubahan Terakhir: 20 Jun 2019 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.