MUHTAROMAH, SHOFIATUL (2017) PENGARUH METODE KAUNY QUANTUM MEMORY TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN(Studi di Pondok Pesantren Modern Manahijussadat Lebak, Rangkas Bitung). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (81kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (690kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (228kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (562kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (424kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (344kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Menghafalkan al-Qur’an merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia, baik dihadapan manusia, lebih-lebih dihadapan Allah SWT. Banyak keutamaan maupun manfaat yang dapat diperoleh para hafidz al-Qur’an, baik keutamaan yang diperoleh sewaktu masih didunia maupun diakhirat kelak. Berbagai macam metode yang digunakan dalam menghafal al-Qur’an, akan tetapi dampak dari menghafal tersebut yang sering kali menjadi bahan evalusi, apakah hafalan yang dihafal tahan lama dan bisa dipraktekkan maksud dari ayat tersebut atau hanya ingat beberapa saat saja. Salah satu metode menghafal al-Qur’an yaitu metode Kauny Quantum Memory yang melatih menghafal tanpa harus banyak berpikir dan menjadikan hafalan tahan lama untuk diingat. Landasan teori yang peneliti gunakan adalah teori Bobby Herwibowo yang menyatakan bahwa menghafal al-Qur’an semudah tersenyum. Menghafal dengan membuat ilustrasi dan menggunakan otak kanan adalah salah satu cara menghafal yang akan bertahan lama tersimpan di memory. Dengan beberapa teknik yang digunakan, sehingga menghafal menjadikan mudah dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Manahi jussadat, Lebak, Rangkas Bitung, dengan jumlah sampel 36 orang, dari populasi dengan jumlah 120 orang. Populasi diambil dari keseluruhan siswa kelas II Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Manahijussadat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan teknik pengumpulan data: observasi, angket dan test lisan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan Product Moment(rxy) diperoleh r = 0,98. Hal ini menunjukan bahwa antara Metode Kauny Quantum Memory (variable X) dengan Kemampuan Menghafal AL-Qur’an(variable Y) terdapat korelasi yang sangat tinggi. Adapun Metode Kauny Quantum Memory (variabel X) dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an (variabel Y) diketahui 96,04 %, Sedangkan sisanya 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | KAUNY QUANTUM |
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 24 Apr 2017 02:12 |
Perubahan Terakhir: | 24 Apr 2017 02:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/399 |
Actions (login required)
Lihat Item |