Mu‟arif, Samsul (2019) Strategi Promosi Pendidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan di SMA AlKhairiyah 1 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Samsul Mu‟arif, NIM: 1540400006, Judul: Strategi Promosi Pendidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan di SMA AlKhairiyah 1 Cilegon Seiring dengan semakin menjamunya sekolah berbasis boarding school dewasa ini menunjukan bahwa persaingan antar lembaga semakin kompetitif. Meskipun sekolah model boarding school menunjukan perkembangan yang signifikan, namun animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMA Al-Khairiyh 1 Cilegon tidak semakin surut. Bahkan sebagimana data yang peneliti peroleh, dari tahun ke tahun jumlah pendaftar di SMA AL-Khairiyah 1 Cilegon semakin meningkat. Melihat fenomena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang strategi promosi pendidikan di SMA AL-Khairiyah 1 Celegon dalam meningkatkan pelayanan pendidikannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui strategi promosi pendidikan di SMA AL-Khairiyah 1 Cilegon dalam meningkatkan pelayanan pendidikannya (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi promosi pendidikan di SMA AL-Khairiyah 1 Cilegon (3) Mengetahui solusi terhadap hambatan dalam strategi promosi pendidikan di SMA ALKhairiyah 1 Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA AL-Khairiyah 1 Cilegon. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dari penelitian ini yaitu Kepala TU, Bagian Humas, Bagian Kesiswaan, dan Siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Strategi Promosian Pendidikan yang dilakukan SMA AL-Khairiyah 1 Cilegon untuk meningkatkan pelayanan pelayanan pendidikan yaitu: (a). Promosian secara langsung, yaitu dengan pemanfaatan IT, media cetak maupun elektonik. (b). Promosi tidak langsung yaitu dengan mengadakan sosialisasi ke Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Tsanawiyah dan kepada masyarakat. Kedua pendukung antara lain; guru yang mengajar sesuai bidang, letaknya yang geografis, harga murah, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Sedangkan, faktor penghambat meliputi sarana-prasarana yang masih kurang sehingga terpaksa tidak menerima calon siswa baru yang melewati dari kouta kelas, banyaknya pesaing antar lembaga dan masih adanya siswa yang terpaksa karena orangtua. Ketiga solusi yang dilakukan sekolah terhadap penghambat antara lain; dari segi pelayanan fisik sekolah berusaha untuk mengumpulkan dana guna menambah ruangan, sedangkan dari pelayanan non fisik sekolah selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Pelayanan Pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 11 Jun 2019 02:33 |
Perubahan Terakhir: | 11 Jun 2019 02:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3989 |
Actions (login required)
Lihat Item |