Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi di MTsN 2 Kabupaten Serang)

Nuriana, Dina (2019) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi di MTsN 2 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
Cover (FIX).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB)
[img] Teks
Bagian Depan (Halaman).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (686kB)
[img] Teks
BAB I (FIX) dina.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB)
[img] Teks
BAB II (Dalil, Referensi).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (849kB)
[img] Teks
BAB III (FIX).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (566kB)
[img] Teks
BAB IV (FIX).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (477kB)
[img] Teks
BAB V (FIX).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB)
[img] Teks
Daftar Pustaka (FIX).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (583kB)

Abstrak

Nama : Dina Nuriana, NIM: 152500045, judul skripsi: Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi di MTsN 2 Kabupaten Serang) Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pengaruh antara kompetensi sosial guru dan motivasi belajar siswa. Pelaksanaan kompetensi guru dapat memberikan bantuan terhadap kegiatan belajar mengajar di madrasah dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar tingkat ketercapaian kompetensi sosial guru, 2) Seberapa besar tingkat ketercapaian motivasi belajar siswa, 3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri 2 Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan tingkat kecapaian kompetensi sosial guru; 2) Mendeskripsikan tingkat ketercapaian motivasi belajar siswa; 3) Menganalisis pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa pada sekolah MTsN 2 Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi dan kolerasi. Sampel berjumlah 50 responden diambil dari populasi dengan teknik total sampling. Instrument penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan : pertama, tingkat kompetensi sosial guru adalah tinggi mencapai 81,77%; kedua, tingkat motivasi belajar siswa adalah tinggi mencapai 83,09%; ketiga, terdapat pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 2 Kabupaten Serang sebesar 77,00%. Sisanya 23% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Semakin tinggi kompetensi sosial guru, semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Peningkatan terhadap kompetensi sosial guru akan meningkat motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 2 Kabupaten Serang. Kata kunci : Kompetensi Sosial, Guru, Motivasi Belajar, dan Siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2019 02:41
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2019 02:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.